Home » » MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

Posted by Awal KPN on Tuesday 15 June 2021

Dalam pandangan Howard Gardner, inteligensi merupakan kemampuan untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu setting yang bermacam-macam dan dalam situasi yang nyata. Dengan definisi tersebut, ia menemukan—setidaknya—sembilan kecerdasan yang dimiliki anak, yang kemudian dikenal dengan teori Multiple Intelligences, yakni kecerdasan linguistic, logical-mathematical, spatial, bodily-kinesthetik, musical, interpersonal, intrapersonal, naturalist, dan kecerdasan existencial. Teori kecerdasan majemuk ini berpengaruh terhadap orientasi pembelajaran. Menurut teori ini, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran jika materinya disajikan sesuai dengan inteligensi yang menonjol dalam diri siswa. Karena itu, teori ini perlu dipahami guru untuk memperkaya kompetensi yang dimiliki dalam rangka mempermudah pencapaian tujuan pendidikan.



Sumber : Hamzah, A. (2009). Teori multiple intelligences dan implikasinya terhadap pengelolaan pembelajaran. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam4(2).


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}