Home » » Contoh Judul Skripsi Penelitian Tindakan Kelas

Contoh Judul Skripsi Penelitian Tindakan Kelas

Posted by Awal KPN on Monday 3 April 2023

 "Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam"



Latar belakang masalah

Konteks Permasalahan Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa di sekolah, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan keimanan siswa. Namun, seringkali siswa merasa kurang termotivasi dalam belajar Pendidikan Agama Islam, sehingga menyebabkan rendahnya pencapaian belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut. Faktor-faktor seperti kurangnya minat, kurangnya pemahaman, dan metode pembelajaran yang monoton seringkali menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam.

Urgensi Masalah Motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam memiliki urgensi yang cukup tinggi. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan keimanan siswa, tentu saja tidak boleh diabaikan begitu saja. Selain itu, rendahnya motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam menjalankan ajaran Islam di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam.

Riset Terdahulu yang Relevan Beberapa penelitian sebelumnya telah dilakukan terkait dengan upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Salah satu penelitian yang relevan adalah penelitian yang dilakukan oleh Fauzi (2020) yang berjudul "Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam". Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam secara signifikan. Penelitian-penelitian lainnya juga menunjukkan hasil yang serupa, yaitu bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada berbagai mata pelajaran, termasuk Pendidikan Agama Islam.

Ref: Fauzi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Akidah Akhlak (Studi eksperimen di MA Daarul Falah Ciloang Kota Serang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}