PENGEMBANGAN KEILMUAN
Produktivitas
Ilmiah
1.
Sebutkan
produk karya-karya ilmiah (buku, artikel, paten, dll) yang telah Saudara
hasilkan dan pihak yang mempublikasikannya (uploadkan bukti-bukti karya ilmiah
dimaksud dalam lampiran). Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan
keilmuan.
Bahan
Ajar yang telah saya buat selama mengajar:
1.
Media
Pembelajaran
2.
Dasar-Dasar
Kurikulum
3.
Media
Pembelajaran PAI
4.
Pengembangan
Kurikulum
5.
Dasar
Dasar Kurikulum 2
6.
Media
Pembelajaran 2
7.
Telaah
Kurikulum
8.
Pengantar
Pendidikan
Penelitian
yang saya lakukan sebagai berikut:
1. Pengaruh
Mengakses Facebook Terhadap
Indeks Prestasi Mahasiswa Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Semester 4
Kelas A STAIN Gajah Putih Takengon Tahun Ajaran 2015/2016
2. Penggunaan
Grup Facebook Sebagai Virtual Class Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Raudhatul
Athfal Tahun Ajaran 2016/2017 STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
3. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan berbasis inklusi di TK Luar Biasa Cinta Negeri
Kampung Kute Lot, Aceh Tengah
4.
Prestasi
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Yang Kuliah Sambil Bekerja Di
STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
Karya
ilmiah berupa artikel jurnal yang telah saya buat sebagai berikut:
1. Pengaruh
Mengakses Facebook Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa PGRA Semester 4 Kelas A
STAIN Gajah Putih Aceh Tengah
2.
Penggunaan
Grup Facebook Sebagai Virtual Class
3.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Inklusi Di Taman Kanak-Kanak
4. Prestasi
Mahasiswa Program Studi Pai Yang Kuliah Sambil Bekerja Di STAIN Gajah Putih
Takengon Aceh Tengah
Penelitian yang saya lakukan memiliki
makna yang sangat penting bagi pengembangan keilmuan saya, karena topic
penelitian yang saya lakukan selalu berhungan dengan keilmuan yang saya miliki
dan mata kuliah yang saya ajarkan.
Makna dan
Kegunaan
2. Bagaimana makna dan kegunaan karya
yang telah Saudara hasilkan dalam pengembangan keilmuan.
Penelitian yang saya
lakukan selalu saya publis di jurnal www.jurnal-assalam.org sebagai sebuah artikel/tulisan, hal
ini bertujuan agar penelitian yang saya lakukan dapat dibaca oleh khalayak
ramai. Hal ini juga sebagai cara saya untuk mencapai tujuan kebermanfaatan
penelitian yang telah saya lakukan. Peneltian dengan judul “Pengaruh Mengakses
Facebook Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa PGRA Semester 4 Kelas A STAIN Gajah
Putih Aceh Tengah” memiliki makna yang sangat penting bagi saya yaitu untuk
mencoba menjawab rasa penasaran yang saya miliki dari isu yang berkembang di
masyarakat bahwa menggunakan media social facebook dalam kehidupan sehari-hari
selalu berdampak negative, isu yang berkembang ini terbantahkan dengan hasil
penelitian saya tidak ada pengaruh mengakses facebook terhadap prestasi
mahasiswa. Kegunaan dari penelitian ini yaitu agar masyarakat tidak ‘alergi’
menggunakan media social dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga
bermanfaat bagi saya pribadi, dengan mencoba menggunakan facebook dalam proses
pemebelajaran, baik itu sebagai media pemebelajaran, maupun sebagai virtual
kelas yang nantinya akan saya lakukan penelitian pengembangan.
Penelitian saya
selanjutnya dengan judul ‘Penggunaan Grup Facebook Sebagai Virtual Class Pada
Mahasiswa PGRA Tahun Ajaran 2016/2017 STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah’
memiliki makna yang penting bagi saya karena penelitian ini akan menjadi
penelitian pengembangan bagi keilmuan saya sebagai dosen dengan latar belakang
pendidikan Teknologi Pembelajaran. Hasil penelitian ini juga akan menjadi bahan
untuk menulis buku yang saya sedang buat, berjudul “Media Pembelajaran Berbasis
Internet”. Penelitian ini juga menunjang mata kuliah yang saya ampu, yaitu
Teknologi Pembelajaran dan Media
Pembelajaran.
Penelitian saya
selanjutnya yang berjudul Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berbasis inklusi
di TK Luar Biasa Cinta Negeri Kampung Kute Lot, memiliki kegunaan yang sangat
penting bagi pengembangan keilmuan saya karena dalam kegiatan perkuliahan
biasanya saya mengajar mata kuliah Dasar Dasar Kurikulum, Pengembangan
Kurikulum, dan Telaah Kurikulum PAI, hasil penelitian ini akan saya gunakan
sebagai bahan perkuliahan.
Bahan Ajar berupa diktat
yang saya buat berguna sebagai referensi bagi mahasiswa sekaligus bahan ajar
saat saya melakukan perkuliahan, bahan ajar ini juga terus menerus saya kembangkan
agar lebih baik dari waktu ke waktu, sekaligus juga sebagai bahan saya untuk
menulis buku yang sedang saya tulis sekarang ini.
Usaha
Inovatif
3.
Jelaskan
bila karya yang Saudara hasilkan tersebut memiliki nilai inovatif
Karya yang telah saya buat
berupa artikel karya ilmiah merupakan hasil penelitian yang saya buat. Penelitian-penelitian
yang saya buat memiliki nilai inovatif khususnya dalam bidang keahlian saya
yaitu Teknologi pembelajaran, media pendidikan, dan kurikulum yangbiasa saya
ajarkan. Karya ilmiah saya yang berjudul ‘Penggunaan Grup Facebook Sebagai
Virtual Class Pada Mahasiswa PGRA Tahun Ajaran 2016/2017 STAIN Gajah Putih
Takengon Aceh Tengah’ merupakan suatu terobosan baru dalam penggunaan media
social khususnya Facebook dalam pembelajaran, facebook dimanfaatkan sebagai
virtual kelas sebagai alternative pelaksanaan perkuliahan di dalam kelas
seperti biasa. Penggunaan facebook tidak hanya sebagai virtual kelas, tetapi
juga sebagai media pembelajaran, tidak hanya sampai disitu facebook juga
dimanfaatkan sebagai media berbagi bahan perkuliahan berupa file dan link
website. Nilai inovatif lain yang didapat dalam penelitian ini adalah
pemanfaatan internet dalam mendukung pembelajaran, sehingga pembelajaran yang
dilakukan tidak monoton dikelas tetapi juga didunia maya dengan memanfaatkan
media social. Internet dewasa ini juga merupakan hal yang wajib dimanfaatkan
dalam dunia pendidikan, apalagi mahasiswa biasanya telah memiliki media sosial
dan mengaksesnya setiap hari. Karya saya selanjutnya yang bernilai inovasi
yaitu kurikulum inklusi yang saya teliti di TK Luar Biasa Cinta Negeri Kampung
Kute Lot, Aceh Tengah, pada penelitian ini saya menemukan bahwa kurikulum yang
digunakan untuk tiap-tiap anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut
berbeda-beda pada setiap anaknya, disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang
anak masing-masing.
Konsistensi
4. Berikan contoh nyata konsistensi
Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.
Saya selalu melakukan pengembangan
keilmuan secara konsisten, hal ini ditunjukkan dengan penelitian yang saya
lakukan terus menerus dengan jumlah minimal 1 penelitian setiap semesternya
sejak tahun 2016. Penelitian-penelitian yang saya lakukan juga selalu menunjang
bidang keahlian yang saya punyai, hasil penelitian ini juga akan menjadi bahan
ajar yang akan saya gunakan didalam kelas. Konsistensi juga saya lakukan dalam publikasi
ilmiah, publikasi selalu konsisten saya lakukan dari setiap penelitian yang
saya lakukan sejak 2016. Publikasi-publikasi artikel saya juga jaga
konsistensinya pada jurnal ber OJS. Pengembangan keilmuan lainnya yang selalu
rutin saya lakukan adalah dengan mengikuti seminar-seminar dosen, hal ini akan
dapat mengembangkan keilmuan yang saya miliki, karena tema penelitian yang saya
ikuti relevan untuk pengembangan diri dan kemampuan saya. Seminar-seminar yang
saya ikuti akan memberi pemahaman dan ilmu baru sekaligus mengembangkan
keilmuan yang telah saya miliki. Pengembangan keilmuan yang selalu konsisten
saya lakukan selanjutnya yaitu dengan menjadi editor di salah satu jurnal yaitu
Jurnal As-Salam, saya menjadi editor di
setiap edisinya, menjadi editor jurnal memberi saya banyak ilmu baru sekaligus
mengembangkan keilmuan yang saya miliki secara konsisten dan kontiniu. Menjadi
editor juga memberi saya kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman seprofesi
dosen, sehingga terjadi proses diskusi dan tukar pendapat guna perbaikan
kedepannya. Konsistensi juga saya tunjukkan dalam membuat bahan ajar mata
kuliah, saya selalu konsisten membuat bahan ajar di tiap semester dan konsisten
juga untuk merevisi bahan ajar agar bahan ajar yang saya tulis semakin baik
dari waktu-kewaktu.
Target Kerja
5.
Berikan
contoh nyata target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan
keilmuan/keahlian.
Dalam pengembangan keilmuan/keahlian,
saya selalu membuat target kerja. Contohnya seperti saya harus meneliti minimal
satu penelitian setiap semester, hal ini saya lakukan secara terus menerus,
sejak tahun 2016, dengan judul yang bervariasi untuk menunjnag keilmuan yang
saya miliki. Dengan memasang target kerja seperti ini secara tidak langsung
akan mendorong diri saya pribadi untuk terus berkembang dari waktu ke waktu.
Target kerja lain yang selalu saya lakukan yaitu dengan membuat bahan ajar yang
sesuai dengan mata kuliah yang saya ajarkan. Membuat bahan ajar ini selalu saya
berusaha untuk memperbaikinya di tiap semester, hal ini untuk menjawab
keterbaruan dan inovasi yang setiap waktunya semakin maju. Apalagi pada mata
kuliah yang saya ampu, seperti mata kuliah media pembelajaran, media
pembelajaran yang digunakan setiap tahun akan semakin maju dan berkembang,
dahulu dosen hanya menggunakan OHP saat mengajar, tetapi saat ini dosen sudah
menggunakan infokus, hal ini akan terus berkembang seiring kemajuan zaman. Pengembangan
keilmuan lain yang selalu saya pasang targetnya adalam mengikuti seminar, saya
selalu mengikuti seminar secara rutin. Sebagai editor di jurnal, saya juga
selalu memasang target kerja, khususnya dalam memenuhi deadline terbit jurnal
setiap 4 bulan sekali, saya selalu melakukan editing tepat waktu sehingga
jadwal terbit tidak terganggu. Target lainnya yang saya perhatikan dalam
pembelajaran yaitu target keberhasilan mengajar dengan sampainya materi kuliah
yang saya ajarkan kepada mahasiswa. Indikator dari keberhasilan saya mengajar dengan
target nilai akhir mahasiswa dengan nilai A atau B.
0 comments:
Post a Comment