Contoh Instrument Lembar Observasi Guru
Lembar Observasi Guru
Nama Guru: ________________________ Tanggal Observasi: ______________________
Kelas: ________________________ Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Siklus: ________________________ Waktu Observasi: _______________________
No. Indikator Skor (1-5)
Catatan: Skor (1-5) digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dan meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skala penilaian: 1 = Sangat Buruk, 2 = Buruk, 3 = Cukup, 4 = Baik, 5 = Sangat Baik.
------------------------------------------------------------------
| No. | Indikator | Skor (1-5) | ------------------------------------------------------------------- | 1. | Persiapan dan Perencanaan | | a. Rencana pembelajaran telah disusun dengan baik. | | b. Tujuan pembelajaran yang jelas telah ditetapkan. | | c. Materi dan sumber belajar telah disiapkan dengan | | baik. | | d. Strategi dan metode pembelajaran telah direncanakan. ------------------------------------------------------------------- | 2. | Pengorganisasian Pembelajaran | | a. Guru mengatur suasana kelas yang kondusif. | | b. Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. | | c. Waktu pembelajaran dimanfaatkan dengan efektif. | | d. Tata tertib kelas ditegakkan dengan baik. ------------------------------------------------------------------- | 3. | Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching | | a. Guru menjelaskan langkah-langkah reciprocal | | teaching dengan jelas. | | b. Guru memberikan contoh-contoh penggunaan | | reciprocal teaching. | | c. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk | | berbagi pemahaman. | | d. Guru memberikan umpan balik yang konstruktif | | kepada siswa. ------------------------------------------------------------------- | 4. | Interaksi dan Komunikasi | | a. Guru memberikan pertanyaan yang merangsang | | pemikiran siswa. | | b. Guru memberikan kesempatan siswa untuk saling | | berdiskusi. | | c. Guru memberikan tanggapan yang positif dan | | memotivasi kepada siswa. | | d. Guru mendengarkan dengan penuh perhatian | | terhadap siswa. ------------------------------------------------------------------- | 5. | Penggunaan Media dan Sumber Belajar | | a. Guru menggunakan media atau alat bantu | | pembelajaran dengan baik. | | b. Guru menggunakan sumber belajar yang relevan | | dan bervariasi. | | c. Media atau sumber belajar membantu pemahaman | | siswa. | | d. Penggunaan media atau sumber belajar disesuaikan | | dengan kebutuhan siswa. -------------------------------------------------------------------
Contoh Instrument Lembar Observasi Siswa
Nama Guru: ________________________ Tanggal Observasi: ______________________
Kelas: ________________________ Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Siklus: ________________________ Waktu Observasi: _______________________
No. Indikator Skor (1-5)
Catatan: Skor (1-5) digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dan meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skala penilaian: 1 = Sangat Buruk, 2 = Buruk, 3 = Cukup, 4 = Baik, 5 = Sangat Baik.
------------------------------------------------------------------- | No. | Indikator | ------------------------------------------------------------------- | 1. | Siswa aktif dalam diskusi dan berbagi pemahaman. | ------------------------------------------------------------------- | 2. | Siswa saling membantu dalam pemecahan masalah. | ------------------------------------------------------------------- | 3. | Siswa mampu memberikan tanggapan secara konstruktif. | ------------------------------------------------------------------- | 4. | Siswa menunjukkan antusiasme dan minat dalam pembelajaran. | ------------------------------------------------------------------- | 5. | Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik. | ------------------------------------------------------------------- | 6. | Siswa mampu menerapkan strategi reciprocal teaching. | ------------------------------------------------------------------- | 7. | Siswa mampu mengemukakan pendapat dan argumentasi secara jelas. | ------------------------------------------------------------------- | 8. | Siswa mampu menghubungkan materi dengan pengalaman pribadi.| ------------------------------------------------------------------- | 9. | Siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitis. | ------------------------------------------------------------------- | 10. | Siswa mampu menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. | -------------------------------------------------------------------
Anda dapat memberikan skor (1-5) untuk setiap indikator berdasarkan pengamatan terhadap tingkat keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Skala penilaian yang dapat digunakan adalah 1 = Tidak Sesuai, 2 = Kurang Sesuai, 3 = Cukup Sesuai, 4 = Sesuai, 5 = Sangat Sesuai.
0 comments:
Post a Comment