A.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah :
Penelitian Tindakan Kelas
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS :
2 SKS
Prodi/Semester :
Pendidikan Agama Islam/VI
Dosen Pengampu :
Awal Kurnia Putra Nasution,
M.TPd
B.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar penelitian
serta metode penelitian pendidikan yang digunakan dalam pelaksanaan PTK. Selain
itu, mahasiswa juga mampu merancang proposal PTK dengan judul yang tepat dan
melakukan uji validitas terhadap proposal tersebut. Selama pelaksanaan PTK,
mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah di kelas, merancang dan
mengimplementasikan tindakan yang tepat, serta mampu menghasilkan laporan hasil
penelitian dan pembahasannya secara sistematis dan akurat. Melalui pemahaman
konsep PTK dan pengalaman dalam melaksanakan PTK, mahasiswa diharapkan dapat
memperoleh kemampuan yang memadai untuk menjadi guru profesional yang mampu
memperbaiki mutu pembelajaran di kelas.
C.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
1.
Mampu membuat kontrak kuliah dengan baik dan
benar.
2.
Memahami konsep dasar penelitian.
3.
Mampu mengidentifikasi jenis-jenis metode
penelitian pendidikan.
4.
Memahami prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
5.
Mampu membuat proposal penelitian tindakan kelas
yang baik dan benar.
6.
Mampu menentukan judul PTK yang tepat.
7.
Mampu menyelesaikan Ujian Tengah Semester (UTS)
dengan baik.
8.
Mampu menyusun bab I Pendahuluan yang baik dan
benar (latar belakang masalah, rumusan masalah).
9.
Mampu menyusun bab II Kerangka Teori yang baik
dan benar.
10. Mampu menyusun bab
III Metode Penelitian yang baik dan benar.
11. Mampu menyajikan
hasil penelitian dan pembahasan secara sistematis dan logis pada bab IV Hasil
Penelitian dan Pembahasan.
12. Mampu menyimpulkan
hasil penelitian dan memberikan rekomendasi pada bab V Kesimpulan.
13. Mampu menyusun
lembar observasi dengan baik dan benar.
14. Mampu
mengimplementasikan PTK pada lingkungan kelas secara tepat.
15. Mampu mengevaluasi
dan merefleksikan implementasi PTK pada lingkungan kelas.
16. Mampu menyelesaikan
Ujian Akhir Semester (UAS) dengan baik.
D.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Dengan mempelajari materi kuliah PTK, mahasiswa diharapkan mampu
menguasai konsep dasar penelitian, jenis-jenis metode penelitian pendidikan,
dan prosedur pelaksanaan PTK. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu
membuat proposal penelitian yang baik dan benar, serta mampu melakukan
implementasi PTK pada lingkungan kelas dan merefleksikan hasilnya secara tepat. Mata kuliah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib
ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan, terutama pada jurusan
pendidikan guru.
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar penelitian dan metode penelitian pendidikan yang digunakan dalam pelaksanaan PTK. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana merancang proposal PTK dengan judul yang tepat dan melakukan uji validitas terhadap proposal tersebut. Selama pelaksanaan PTK, mahasiswa akan mempelajari prosedur pelaksanaan PTK, mulai dari identifikasi masalah di kelas, merancang dan mengimplementasikan tindakan yang tepat, hingga menghasilkan laporan hasil penelitian dan pembahasannya secara sistematis dan akurat. Mahasiswa juga akan mempelajari berbagai instrumen penelitian yang digunakan dalam PTK, seperti lembar observasi dan kuesioner.
F. TOPIK/SUB TOPIK
- Kontrak Kuliah
- Konsep Dasar Penelitian
- Metode Penelitian Pendidikan
- Penelitian Tindakan Kelas (Prosedur Pelaksaan)
- Proposal Penelitian Tindakan Kelas
- Judul PTK
- Ujian Tengah Semester (UTS)
- Bab I Pendahuluan (Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah)
- Bab II Kerangka Teori
- Bab III Metode Penelitian
- Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan
- BAB V Kesimpulan
- Lembar Observasi
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Ujian Akhir Semester (UAS)
G .
REFERENSI
1. Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan
kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
2. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K.
(2017). Research methods in education. routledge.
3. Hopkins, D. (2014). A teacher's guide to
classroom research. McGraw-Hill Education (UK).
4. Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R.
(2014). The action research planner: Doing critical participatory action
research.
5. Morrison, K. (2015). Educational research:
contemporary issues and practical approaches.
6. Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
7. Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.
(2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
8. Mertler, C. A. (Ed.). (2019). The Wiley
handbook of action research in education. John Wiley & Sons.
H.
EVALUASI
Nilai akhir mahasiswa ditentukan dari beberapa
aspek dengan persentasi sebagai berikut:
a.
Quis 10%
b.
Tugas 25%
c.
UTS 25%
d. UAS 40%
0 comments:
Post a Comment