Berikut 5 contoh judul standar artikel penelitian kualitatif dengan tema Madrasah Ibtidaiyah (MI):
-
Strategi Guru dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
-
Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah
-
Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Daring pada Madrasah Ibtidaiyah di Daerah Terpencil
-
Makna Religiusitas dalam Kegiatan Harian Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Studi Fenomenologi
-
Pola Komunikasi Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
1. Judul Penelitian:
Strategi Guru dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
2. Alasan Memilih Judul:
Penelitian ini penting dilakukan karena karakter disiplin merupakan salah satu aspek utama dalam pembentukan kepribadian siswa di tingkat dasar. Guru sebagai pendidik memiliki peran sentral dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan sejak dini, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah yang juga menanamkan nilai-nilai keislaman. Dengan pendekatan kualitatif, peneliti dapat menggali secara mendalam bagaimana strategi yang digunakan guru dalam keseharian untuk membentuk karakter tersebut.
3. Rancangan Metode Penelitian:
-
Pendekatan Penelitian: Kualitatif
-
Jenis Penelitian: Studi kasus
-
Subjek Penelitian: Guru kelas IV dan V di salah satu Madrasah Ibtidaiyah di Aceh Tengah
-
Lokasi Penelitian: Madrasah Ibtidaiyah Negeri X, Kabupaten Aceh Tengah
-
Teknik Pengumpulan Data:
-
Wawancara mendalam dengan guru
-
Observasi proses pembelajaran dan kegiatan siswa
-
Dokumentasi (jadwal harian, tata tertib, dan program sekolah)
-
-
Teknik Analisis Data: Analisis interaktif model Miles & Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi)
-
Uji Keabsahan Data: Triangulasi sumber dan teknik
📚 Template Judul Penelitian Kualitatif Madrasah Ibtidaiyah
Format 1:
"Strategi [Subjek/Guru/Siswa] dalam [Aktivitas/Fenomena] di [Lokasi/Institusi]"
Contoh:
Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Format 2:
"Persepsi [Subjek] terhadap [Kebijakan/Program/Isu] di [Madrasah Ibtidaiyah]"
Contoh:
Persepsi Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah
Format 3:
"Studi [Jenis Studi: Kasus/Etnografi/Fenomenologi] tentang [Fenomena] pada [Subjek] di [Madrasah Ibtidaiyah]"
Contoh:
Studi Kasus tentang Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah pada Masa Pandemi
Format 4:
"Pola [Interaksi/Komunikasi/Hubungan] antara [Pihak 1] dan [Pihak 2] dalam [Kegiatan] di [Madrasah Ibtidaiyah]"
Contoh:
Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah
Format 5:
"Makna [Nilai/Tradisi/Budaya] dalam [Aktivitas/Kegiatan] Siswa di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Studi Fenomenologi"
Contoh:
Makna Religiusitas dalam Kegiatan Harian Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Studi Fenomenologi
0 comments:
Post a Comment