Home » , » Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen 1

Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen 1

Posted by Awal KPN on Saturday 30 March 2019

Alhamdulillah tahun ini, saya telah lulus sertifikasi dosen. Disini akan saya bagikan isian Desekripsi diri yang saya isikan, mungkin saja ada kawan-kawan yang juga memerlukan sebagai referensi, tapi jangan di copas ya, karena bahaya kalau sampai ketahuan copas, bisa tidak lulus kawan-kawan..
😁😁😁
semoga bermanfaat..




1.    Berikan contoh nyata semua usaha kreatif yang telah atau sedang Saudara lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Saya menjadi dosen Pegawai Negeri Sipil di STAIN Gajah Putih Takengon sejak September 2014, pekerjaan sebagai dosen merupakan impian saya selama ini yang kemudian menjadi kenyataan. Lulusnya saya sebagai dosen merupakan anugrah dari Allah SWT. Menjadi Pegawai Negeri Sipil merupakan tugas mulia sekaligus menjadi abdi Negara, sehingga saya memiliki kontribusi bagi negeri Republik Indonesia yang sangat saya cintai ini. Sejak menjadi dosen saya sudah mengajar beberapa mata kuliah seperti: Media Pembelajaran, Dasar Dasar Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Telaah Kurikulum, Teknologi Pembelajaran, dan Pengantar Pendidikan. Semua mata kuliah yang saya ampu tersebut sesuai dengan bidang keahlian yang saya miliki yaitu Teknologi Pendidikan. Sebagai seorang dosen, Usaha Kreatif yang telah saya lakukan dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut:
Penggunaan media pembelajaran berbasis media sosial, penggunaan media pembelajaran ini merupakan salah satu pemanfaatan maraknya penggunaan media social seperti facebook di kalangan mahasiswa, sudah menjadi hal yang lumrah setiap mahasiswa menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam survei awal sebelum penerapan penggunaan media ini, didapat fakta bahwa setiap mahasiswa selalu mengakses media sosial disetiap harinya walaupun hanya untuk meng-update status. Penggunaan grup whatsapp sebagai media pembelajaran, penggunaan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran merupakan salah satu cara pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, penggunaan aplikasi whatsapp dikalangan mahasiswa saat ini sudah menjadi kebutuhan, sehingga hal ini harus dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Penggunaan aplikasi whatsapp ini juga didikudung fakta bahwa hampir semua mahasiswa menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari. Penggunaan web blog sebagai media pembelajaran, penggunaan web blog dalam pembelajaran sangat bagus mengingat mahasiswa saat ini selalu menggunakan smartphone dan internet dalam kegiatan sehari-hari, baik saat di kampus maupun di luar kampus. Pemanfaatan web blog sebagai media pembelajaran ini merupakan bentuk pemanfaatan teknologi masa kini dan menjawab tuntutan era millennial.
Website pribadi, saat ini saya sedang berusaha untuk membuat website pribadi, cikal bakal website ini berasal dari blog pribadi yang telah saya buat sejak tahun 2013. Website pribadi ini nantinya akan menjadi media pembelajaran, sebagai media share materi kuliah, video-video tutorial, bahan ajar perkuliahan, informasi-informasi terkait mata kuliah yang saya ajarkan, sampai hal-hal menarik yang pantas untuk dibaca oleh khalayak ramai. Blog yang saya miliki saat ini beralamatkan https://awalnasution.blogspot.com/

Dampak Perubahan
2.    Jelaskan dampak dari usaha kreatif yang telah atau sedang Saudara lakukan
Usaha kreatif dalam pembelajaran yang telah saya lakukan sudah sebaiknya memilki dampak yang baik dalam pembelajaran, adapun dampak perubahan dari usaha kreatif yang saya lakukan dalam pembelajaran sebagai berikut:
Penggunaan media pembelajaran berbasis media social facebook, membawa dampak positif bagi mahasiswa yang saya ajar. Hasil penelitian yang saya lakukan pada mahasiswa PGRA didapat fakta bahwa mahasiswa merasa penggunaan media ini sangat baik karena dapat memudahkan proses belajar-mengajar, membuat mahasiswa yang selama ini kurang aktif di kelas untuk bertanya, menjadi lebih aktif, meningkatkan minat mahasiswa dalam belajar dikarenakan penggunaan media facebook merupakan sesuatu yang baru, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran juga mendapat respon baik dari mahasiswa, berdasarkan wawancara yang telah saya lakukan dengan mahasiswa, didapat fakta bahwa penggunaan media pembelajaran ini meningkatkan minat belajar mahasiswa dalam mata kuliah yang saya ajarkan. Penggunaan media pembelajaran whatsapp ini juga merupakan jawaban atas kemajuan teknologi yang mempermudah proses pembelajaran dilakukan. Penggunaan media pembelajaran berbasis web blog juga mendapat respon yang positif dari mahasiswa, dampak perubahan yang didapat dengan menggunakan media ini yaitu terbiasanya mahasiswa memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, dampak selanjutnya berupa terbebasnya mahasiswa dari istilah ‘gaptek’ atau ‘gagap teknologi’. Penggunaan website pribadi, dalam harapan saya akan mempermudah mahasiswa mengakses segala sesuatu terkait pembelajaran, khususnya mata kuliah yang saya ajarkan. Tak luput pula manfaatnya agar mahasiswa dapat mengakses konten-konten yang saya posting dapat diakses kapanpun dan dimanapun dalam aktivitas sehari-hari. Konten-konten yang saya muat berupa materi perkuliahan, video-video tutorial, SAP dan Silabus perkuliahan, bahan ajar, dan informasi-informasi yang terkait lainnya.

Disiplin

3. Berikan contoh nyata kedisiplinan yang Saudara tunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Kedisiplinan sebagai salah satu aspek untuk meraih kesuksesan merupakan hal yang sangat penting bagi saya. Contoh nyata kedisiplinan dalam yang saya terapkan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu:
Datang tepat waktu sesuai jadwal perkuliahan, datang tepat waktu saat mengajar merupakan hal yang lumrah saya lakukan. Kebiasaan ini merupakan hal yang telah saya lakukan sedari saya kecil, kebiasaan tepat waktu juga merupakan hal yang dibiasakan oleh orang tua saya sejak saya masih belia, kebiasaan inilah yang kemudian menempa saya menjadi orang yang disiplin. Dalam proses pembelajaran, datang tepat waktu akan member mahasiswa contoh yang baik, sehingga diharapkan nantinya mahasiswa juga melakukan hal yang sama. Mempersiapkan perkuliahan, bagi saya mempersiapkan perkuliahan dengan baik merupakan salah satu bentuk kedisiplinan, karena perencanaan perkuliahan yang baik dan matang diharapkan akan menghasilkan proses perkuliahan yang baik pula. Persiapan perkuliahan ini dapat berupa membuat Satuan Acara Perkuliahan, Silabus, Bahan Ajar, Soal Ujian Tengah Semester, Soal Ujian Akhir, serta pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan teknologi informasi. Melaksanakan perkuliahan sesuai dengan ketetapan. Perkuliahan yang saya laksanakan disetiap semester selalu saya usahakan mencapai pertemuan maksimal, yaitu sebanyak 16 pertemuan. Hal ini merupakan usaha saya agar seluruh materi perkuliahan yang telah saya rencakan di awal semester dapat tercapai. Pemenuhan pertemuan sampai 16 juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap profesi dan bentuk profesionalisme dalam pekerjaan. Disiplin selanjutnya yang selalu saya lakukan yaitu disiplin dalam melakukan penelitian dan mempublis hasilnya ke dalam jurnal ilmiah. Hal ini saya lakukan setiap semester sejak tahun 2016, sampai saat ini. Dengan harapan artikel yang saya publikasi akan bermanfaat bagi semua pembaca.

Keteladanan

4.    Berikan contoh nyata keteladanan yang Saudara tunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Keteladanan merupakan salah satu cara untuk menularkan kebaikan, sehingga keteladan yang baik meruapakan hal yang wajib diterapkan dalam pelaksaan pembelajaran. Keteladanan yang saya terapkan sebagai berikut:
Keteladanan dalam berpakaian, keteladan dalam berpakaian merupakan hal yang wajib diterapkan, karena berpakaian yang rapi dalam mengajar akan member rangsangan bagi mahasiswa untuk menggunakan pakaian yang rapi pula. Mahasiswa yang saya ajar merupakan calon-calon guru yang kelak akan menjadi suri tauladan bagi murid-muridnya. Berpakaian yang rapi dalam proses belajar mengajar juga akan membuat mahasiswa yang saya ajar member perhatian terhadap materi yang saya ajarkan.
Keteladan dalam berbahasa, keteladanan dalam berbahasa saya lakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta santun dalam proses belajar mengajar. Penggunaan bahasa yang santun akan mencetak generasi yang santun dan bermartabat, serta menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa. Penggunaan bahasa yang kurang baik dan kurang pantas akan berpengaruh sangat buruk bagi perkembangan mahasiswa kedepannya.
Keteladanan tepat waktu, keteladanan ini saya tunjukkan dengan datang mengajar tepat waktu dan mengakhiri perkuliahan tepat waktu pula. Datang tepat waktu akan mengajarkan mahasiswa untuk menghargai waktu dan pembiasaan disiplin, mengakiri perkuliahan tepat waktu akan mengajarkan mahasiswa bahwa waktu adalah hal yang penting dalam kehidupan dan tidak mengganggu waktu mengajar orang lain.

Keterbukaan Terhadap Kritik

5. Berikan contoh nyata keterbukaan terhadap kritik yang Saudara tunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Kritik akan membawa kita terhadap kedewasaan, karena tanpa kritik kita akan tetap jalan ditempat dan stagnan sehingga perkembangan pada pribadi akan berjalan lambat. Sebagai dosen saya bukanlah pribadi yang anti kritik, malah sebaliknya saya selalu menerima kritik baik itu dari mahsiswa, teman sejawat, maupun atasan. Bentuk keterbukaan terhadap kritik yang saya terapkan dalam pembelajaran yaitu dengan melakukan refleksi dalam bentuk diskusi dengan mahasiswa disetiap akhir semester, kritik yang biasa disampaikan mahasiswa kemudian saya tampung dan digunakan untuk perbaikan proses pembelajaran kedepan dan perbaikan diri saya secara pribadi. Keterbukaan terhadap kritik juga saya lakukan dengan berdiskusi secara pribadi dengan atasan tentang kekurangan saya selama mengajar dan membimbing mahasiswa sehari-hari. Pada saat-saat tertentu saya juga melakukan diskusi dengan teman sejawat, dengan meminta teman member kritik terhadap pribadi saya saat di dalam lingkungan kampus dan di luar lingkungan kampus. Kritik yang saya terima akan menjadi refleksi diri untuk membangun pribadi saya menjadi lebih besar dari hari kehari. Kritik terbuka juga saya lakukan dengan meminta teman sejawat untuk mengkritik bahan ajar yang saya buat sekaligus meminta masukan untuk perbaikannya. Teman sejawat juga saya persilahkan untuk mengkritik referensi perkuliahan yang saya gunakan, tak lupa pula saya meminta masukan tentang referensi-referensi terbaru terkait sumber-sumber bacaan berupa buku, jurnal, dan tulisan ilmiah.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}