Home » , » Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen 2

Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen 2

Posted by Awal KPN on Wednesday 3 April 2019


PENGEMBANGAN KEILMUAN

Produktivitas Ilmiah
1.    Sebutkan produk karya-karya ilmiah (buku, artikel, paten, dll) yang telah Saudara hasilkan dan pihak yang mempublikasikannya (uploadkan bukti-bukti karya ilmiah dimaksud dalam lampiran). Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan keilmuan.
Bahan Ajar yang telah saya buat selama mengajar:
1.    Media Pembelajaran
2.    Dasar-Dasar Kurikulum
3.    Media Pembelajaran PAI
4.    Pengembangan Kurikulum
5.    Dasar Dasar Kurikulum 2
6.    Media Pembelajaran 2
7.    Telaah Kurikulum
8.    Pengantar Pendidikan
Penelitian yang saya lakukan sebagai berikut:
1. Pengaruh Mengakses  Facebook  Terhadap  Indeks Prestasi  Mahasiswa  Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Semester 4 Kelas A STAIN Gajah Putih Takengon Tahun Ajaran 2015/2016
2.   Penggunaan Grup Facebook Sebagai Virtual Class Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Tahun Ajaran 2016/2017 STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
3.  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berbasis inklusi di TK Luar Biasa Cinta Negeri Kampung Kute Lot, Aceh Tengah
4.    Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Yang Kuliah Sambil Bekerja Di STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
Karya ilmiah berupa artikel jurnal yang telah saya buat sebagai berikut:
1.  Pengaruh Mengakses Facebook Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa PGRA Semester 4 Kelas A STAIN Gajah Putih Aceh Tengah
2.    Penggunaan Grup Facebook Sebagai Virtual Class
3.    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Inklusi Di Taman Kanak-Kanak
4.  Prestasi Mahasiswa Program Studi Pai Yang Kuliah Sambil Bekerja Di STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
Penelitian yang saya lakukan memiliki makna yang sangat penting bagi pengembangan keilmuan saya, karena topic penelitian yang saya lakukan selalu berhungan dengan keilmuan yang saya miliki dan mata kuliah yang saya ajarkan.

Makna dan Kegunaan
2.    Bagaimana makna dan kegunaan karya yang telah Saudara hasilkan dalam pengembangan keilmuan.

Penelitian yang saya lakukan selalu saya publis di jurnal www.jurnal-assalam.org sebagai sebuah artikel/tulisan, hal ini bertujuan agar penelitian yang saya lakukan dapat dibaca oleh khalayak ramai. Hal ini juga sebagai cara saya untuk mencapai tujuan kebermanfaatan penelitian yang telah saya lakukan. Peneltian dengan judul “Pengaruh Mengakses Facebook Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa PGRA Semester 4 Kelas A STAIN Gajah Putih Aceh Tengah” memiliki makna yang sangat penting bagi saya yaitu untuk mencoba menjawab rasa penasaran yang saya miliki dari isu yang berkembang di masyarakat bahwa menggunakan media social facebook dalam kehidupan sehari-hari selalu berdampak negative, isu yang berkembang ini terbantahkan dengan hasil penelitian saya tidak ada pengaruh mengakses facebook terhadap prestasi mahasiswa. Kegunaan dari penelitian ini yaitu agar masyarakat tidak ‘alergi’ menggunakan media social dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga bermanfaat bagi saya pribadi, dengan mencoba menggunakan facebook dalam proses pemebelajaran, baik itu sebagai media pemebelajaran, maupun sebagai virtual kelas yang nantinya akan saya lakukan penelitian pengembangan.
Penelitian saya selanjutnya dengan judul ‘Penggunaan Grup Facebook Sebagai Virtual Class Pada Mahasiswa PGRA Tahun Ajaran 2016/2017 STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah’ memiliki makna yang penting bagi saya karena penelitian ini akan menjadi penelitian pengembangan bagi keilmuan saya sebagai dosen dengan latar belakang pendidikan Teknologi Pembelajaran. Hasil penelitian ini juga akan menjadi bahan untuk menulis buku yang saya sedang buat, berjudul “Media Pembelajaran Berbasis Internet”. Penelitian ini juga menunjang mata kuliah yang saya ampu, yaitu Teknologi Pembelajaran  dan Media Pembelajaran.
Penelitian saya selanjutnya yang berjudul Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berbasis inklusi di TK Luar Biasa Cinta Negeri Kampung Kute Lot, memiliki kegunaan yang sangat penting bagi pengembangan keilmuan saya karena dalam kegiatan perkuliahan biasanya saya mengajar mata kuliah Dasar Dasar Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, dan Telaah Kurikulum PAI, hasil penelitian ini akan saya gunakan sebagai bahan perkuliahan.
Bahan Ajar berupa diktat yang saya buat berguna sebagai referensi bagi mahasiswa sekaligus bahan ajar saat saya melakukan perkuliahan, bahan ajar ini juga terus menerus saya kembangkan agar lebih baik dari waktu ke waktu, sekaligus juga sebagai bahan saya untuk menulis buku yang sedang saya tulis sekarang ini.

Usaha Inovatif
3.    Jelaskan bila karya yang Saudara hasilkan tersebut memiliki nilai inovatif

Karya yang telah saya buat berupa artikel karya ilmiah merupakan hasil penelitian yang saya buat. Penelitian-penelitian yang saya buat memiliki nilai inovatif khususnya dalam bidang keahlian saya yaitu Teknologi pembelajaran, media pendidikan, dan kurikulum yangbiasa saya ajarkan. Karya ilmiah saya yang berjudul ‘Penggunaan Grup Facebook Sebagai Virtual Class Pada Mahasiswa PGRA Tahun Ajaran 2016/2017 STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah’ merupakan suatu terobosan baru dalam penggunaan media social khususnya Facebook dalam pembelajaran, facebook dimanfaatkan sebagai virtual kelas sebagai alternative pelaksanaan perkuliahan di dalam kelas seperti biasa. Penggunaan facebook tidak hanya sebagai virtual kelas, tetapi juga sebagai media pembelajaran, tidak hanya sampai disitu facebook juga dimanfaatkan sebagai media berbagi bahan perkuliahan berupa file dan link website. Nilai inovatif lain yang didapat dalam penelitian ini adalah pemanfaatan internet dalam mendukung pembelajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan tidak monoton dikelas tetapi juga didunia maya dengan memanfaatkan media social. Internet dewasa ini juga merupakan hal yang wajib dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, apalagi mahasiswa biasanya telah memiliki media sosial dan mengaksesnya setiap hari. Karya saya selanjutnya yang bernilai inovasi yaitu kurikulum inklusi yang saya teliti di TK Luar Biasa Cinta Negeri Kampung Kute Lot, Aceh Tengah, pada penelitian ini saya menemukan bahwa kurikulum yang digunakan untuk tiap-tiap anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut berbeda-beda pada setiap anaknya, disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang anak masing-masing.

Konsistensi
4.    Berikan contoh nyata konsistensi Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.
Saya selalu melakukan pengembangan keilmuan secara konsisten, hal ini ditunjukkan dengan penelitian yang saya lakukan terus menerus dengan jumlah minimal 1 penelitian setiap semesternya sejak tahun 2016. Penelitian-penelitian yang saya lakukan juga selalu menunjang bidang keahlian yang saya punyai, hasil penelitian ini juga akan menjadi bahan ajar yang akan saya gunakan didalam kelas.  Konsistensi juga saya lakukan dalam publikasi ilmiah, publikasi selalu konsisten saya lakukan dari setiap penelitian yang saya lakukan sejak 2016. Publikasi-publikasi artikel saya juga jaga konsistensinya pada jurnal ber OJS. Pengembangan keilmuan lainnya yang selalu rutin saya lakukan adalah dengan mengikuti seminar-seminar dosen, hal ini akan dapat mengembangkan keilmuan yang saya miliki, karena tema penelitian yang saya ikuti relevan untuk pengembangan diri dan kemampuan saya. Seminar-seminar yang saya ikuti akan memberi pemahaman dan ilmu baru sekaligus mengembangkan keilmuan yang telah saya miliki. Pengembangan keilmuan yang selalu konsisten saya lakukan selanjutnya yaitu dengan menjadi editor di salah satu jurnal yaitu Jurnal As-Salam,  saya menjadi editor di setiap edisinya, menjadi editor jurnal memberi saya banyak ilmu baru sekaligus mengembangkan keilmuan yang saya miliki secara konsisten dan kontiniu. Menjadi editor juga memberi saya kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman seprofesi dosen, sehingga terjadi proses diskusi dan tukar pendapat guna perbaikan kedepannya. Konsistensi juga saya tunjukkan dalam membuat bahan ajar mata kuliah, saya selalu konsisten membuat bahan ajar di tiap semester dan konsisten juga untuk merevisi bahan ajar agar bahan ajar yang saya tulis semakin baik dari waktu-kewaktu.

Target Kerja
5.    Berikan contoh nyata target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.

Dalam pengembangan keilmuan/keahlian, saya selalu membuat target kerja. Contohnya seperti saya harus meneliti minimal satu penelitian setiap semester, hal ini saya lakukan secara terus menerus, sejak tahun 2016, dengan judul yang bervariasi untuk menunjnag keilmuan yang saya miliki. Dengan memasang target kerja seperti ini secara tidak langsung akan mendorong diri saya pribadi untuk terus berkembang dari waktu ke waktu. Target kerja lain yang selalu saya lakukan yaitu dengan membuat bahan ajar yang sesuai dengan mata kuliah yang saya ajarkan. Membuat bahan ajar ini selalu saya berusaha untuk memperbaikinya di tiap semester, hal ini untuk menjawab keterbaruan dan inovasi yang setiap waktunya semakin maju. Apalagi pada mata kuliah yang saya ampu, seperti mata kuliah media pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan setiap tahun akan semakin maju dan berkembang, dahulu dosen hanya menggunakan OHP saat mengajar, tetapi saat ini dosen sudah menggunakan infokus, hal ini akan terus berkembang seiring kemajuan zaman. Pengembangan keilmuan lain yang selalu saya pasang targetnya adalam mengikuti seminar, saya selalu mengikuti seminar secara rutin. Sebagai editor di jurnal, saya juga selalu memasang target kerja, khususnya dalam memenuhi deadline terbit jurnal setiap 4 bulan sekali, saya selalu melakukan editing tepat waktu sehingga jadwal terbit tidak terganggu. Target lainnya yang saya perhatikan dalam pembelajaran yaitu target keberhasilan mengajar dengan sampainya materi kuliah yang saya ajarkan kepada mahasiswa. Indikator dari keberhasilan saya mengajar dengan target nilai akhir mahasiswa dengan nilai A atau B.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}