Home » , » Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen 3

Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen 3

Posted by Awal KPN on Wednesday 3 April 2019


PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Implementasi Kegiatan
1.    Berikan contoh nyata penerapan ilmu/keahlian Saudara dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat yang saya lakukan sesuai dengan penerapan bidang keilmuan yang saya miliki, pengabdian dengan judul ‘Pembuatan Media Pembelajaran Tingkat Dasar dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Anorganik di Dataran Tinggi Gayo’ pada pengabdian ini saya  membantu guru-guru untuk memanfaatkan sampah organik menjadi media pembelajaran yang bermanfaat. Pengabdian ini dilakukan di Sekolah-sekolah di Aceh Tengah dan Bener Meriah pada tahun 2015. Pengabdian ini sangat relevan dengan bidang keahlian saya yang salah satunya adalah media pembelajaran, dengan mengikuti pelatihan ini guru mampu mengubah sampah organik menjadi media pembelajaran. Pengabdian ini sekaligus menjadi penerapan keilmuan yang saya miliki. Pengabdian selanjutnya yang saya lakukan yaitu dengan tema Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini dan Pelatihan Penyusunan Kurikulum 2013, kedua pengabdian ini saya lakukan pada tahun 2016, pengabdian ini juga sangat relevan dengan keilmuan yang saya miliki, sekaligus menjadi contoh nyata penerapan bidang keilmuan saya yaitu media pembelajaran dan kurikulum. Pada pengabdian ini saya memberi materi pada guru-guru bagaimana cara menyusun kurikulum 2013 dengan baik dan benar. Pada Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini saya memberi materi cara membuat dan mengembangkan media pembelajaran di PAUD. Pengabdian yang saya lakukan pada tahun 2017 juga terkait dengan tema yang sama dengan tahun 2016 yaitu Pengembangan Media Pembelajaran dan Penyusunan Kurikulum 2013.

Perubahan
2.    Deskripsikan dampak perubahan terhadap kegiatan tersebut.
Dampak perubahan yang terjadi pada pengabdian yang saya lakukan yaitu bertambahnya wawasan guru yang mengikuti kegiatan pengabdian yang saya lakukan. Wawasan yang dimaksud salah satunya dengan membuka cakrawala penggunaan media pembelajaran yang tidak hanya selalu mahal untuk dibeli atau diadakan, tetapi juga dapat memanfaatkan sampah organik sebagai bahan bakunya. Pelatihan penyusunan kurikulum yag saya lakukan memberi dampak yang sangat baik bagi guru-guru, selama ini guru-guru masih bingung bagaimana menyusun kurikulum 2013 yang baik dan benar, setelah kegiatan pengabdian ini, guru-guru sudah tidak bingung lagi bagaimana cara menyusun dan mengembangkan kurikulum 2013, mulai dari pengembangan materi, media pembelajaran, strategi pembelajaran sampai pengembangan evaluasinya. Pengabdian yang bertemakan media pembelajaran memberi guru cara-cara baru untuk menggunakan media pembelajaran dan pengembangannya, serta bagaimana cara pemilihan media pembelajaran yang tepat dengan materi pemebalajaran yang akan disampaikan. Perubahan selanjutnya yang didapat dari kegiatan pengabdian masyarakat yang saya lakukan adalah memperbaharui persepsi dan keilmuan yang saya miliki selama melakukan pengabdian, baik itu berupa cara pandang saya terhadap pendidikan dan juga terhadap segala bagian-bagian pendidikan terutama guru.

Dukungan Masyarakat
3.    Deskripsikan dukungan masyarakat terhadap kegiatan tersebut.

Dukungan masyarakat terhadap kegiatan pengabdian yang saya lakukan sangat baik, hal ini ditandai dengan antusiasnya masyarakat dalam hal ini guru dalam mengikuti kegiatan pengabdian yang saya lakukan. Selama kegiatan pengabdian, semua unsur masyarakat sekolah, baik guru, siswa, dan kepala sekolah memberikan dukungan yang sangat baik. Kepala sekolah dalam dukungannya menyediakan tempat pengabdian berupa ruang kelas untuk tempat melakukan pengabdian, guru-guru yang menjadi objek pengabdian sangat mendukung kegiatan ini dengan mengikuti kegiatan pengabdian mulai dari datang mengikuti kegiatan tepat waktu, antusias yang baik dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan selama mengikuti kegiatan sampai mengikuti kegiatan hingga selesai, bahkan guru-guru meminta agar media pembelajaran yang sudah selesai dibuat untuk ditinggalkan disekolah sebagai media pembelajaran yang akan mereka gunakan sekaligus sebagai kenang-kenangan kegiatan pengabdian. Guru-guru yang mengikuti kegiatan pengabdian juga rela mengikuti kegiatan diluar jam kerja.  siswa sebagai salah satu bagian masyarakat sekolah juga memberikan dukungan yang sangat baik, dimana siswa memberikan bantuan untuk menyiapkan ruangan yang akan dipakai untuk kegiatan pengabdian. Masyarakat selanjutnya yang memberikan dukungan terhadap kegiatan pengabdian ini yaitu Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tengah dan Kepala Dinas Pendidikan Bener Meriah, dukungan yang diberikan berupa ijin pengabdian kesekolah yang menjadi objek pengabdian.
Pengabdian saya selanjutnya yang bertemakan Penyusunan Kurikulum 2013 dan Pengembangan Media Pembelajaran, pengabdian ini saya lukan di TK Nurhijrah dan MI Sekayun, Kepala Sekolah sebagai pemimpin disekolah tersebut menyediakan tempat pengabdian berupa ruang kelas dan sound sistem saat kegiatan pengabdian. Guru-guru yang menjadi objek pengabdian saya memberikan dukungan berupa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik juga semua guru datang sebelum dimulainya kegiatan pengabdian.

Kemampuan Komunikasi
4.    Berikan contoh nyata kemampuan berkomunikasi yang Saudara tunjukkan dalam pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian yang saya lakukan pada guru-guru menuntut saya untuk melakukan komunikasi yang baik, karena tanpa komunikasi yang baik maka materi yang akan saya sampaikan tidak akan dapat diterima dengan baik. Guru-guru yang menjadi objek pengabdian saya merupakan guru-guru yang notabenenya berada di pelosok desa, bisa dipastikan bahwa guru-guru biasanya masih agak sukar mengerti terhadap beberapa kosa kata yang biasa saya lakukan dalam kegiatan sehari-hari dilingkungan kampus STAIN Gajah Putih Takengon. Saat menghadapi permasalahan seperti ini, untuk mempermudah proses komunikasi saya saat menyampaikan materi, saya akan menggunakan sedikit bahasa daerah terkhusus pada kosa kata yang agak susah dimengerti oleh guru-guru yang mengikuti pelatihan. Penggunaan cara komunikasi yang baik juga saya lakukan dengan kepala sekolah tempat melakukan pengabdian, komunikasi ini berupa menawarkan kegiatan pengabdian, meminta bantuan untuk menyediakan tempat pengabdian, sampai meminta bantuan untuk mengumumkan kepada guru-guru bahwa akan diadakan kegiatan pengabdian disekolahnya. Hal ini semua membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik sehingga kegiatan pengabdian yang saya lakukan dapat berjalan dengan lancar.
Kemampuan berkomunikasi yang baik juga saya tunjukkan dengan berkomunikasi yang baik bersama guru-guru senior yang mayoritas sudah lebih tua dari pada saya, bahkan beberapa sudah seumuran dengan orang tua saya, pada keadaan ini saya menempatkan diri saya sebagai seorang anak didepan mereka dengan selalu berkomunikasi dua arah dan mendekati mereka bila ada hal yang kurang jelas.  Pada keadaan ini saya permisi terlebih dahulu kepada guru-guru dan mengatakan bahwa kehadiran saya diruangan bukan bermaksud untuk menggurui tetapi hanya berupa sharing ilmu pengetahuan.

Kemampuan Kerjasama
5.    Berikan contoh nyata kemampuan kerjasama yang Saudara tunjukkan dalam pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian yang saya lakukan melibatkan banyak pihak, sehingga membutuhkan kemampuan kerjasama yang baik. Pihak-pihak yang terlibat yaitu teman-teman dosen yang memiliki profesi yang sama, kepala sekolah tempat melakukan kegiatan pengabdian, guru-guru sebagai objek kegiatan pengabdian, dan juga kepala dinas yang akan memberikan izin terhadap kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan. Kerjasama yang baik dilakukan dimulai dari koordinasi pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan teman-teman dosen, mengadakan rapat-rapat untuk meyamakan persepsi, breafing sebelum melaksanakan pengabdian. Kemudian  menyiapkan secara bersama-sama bahan-bahan yang diperlukan saat pengabdian mulai dari menyiapkan ATK, sertifikat yang akan dibagikan terhadap guru-guru, menyiapkan sarana transportasi ke tempat pengabdian serta melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah SDN 21. Kerjasama yang dilakukan dengan kepala sekolah juga haruslah baik, karena tanpa kerjasama yang baik maka mustahil kepala sekolah akan menerima kegiatan pengabdian yang akan dilakukan, kerjama ini berupa permohonan ijin untuk melakukan pengabdian di sekolah yang beliau pimpin serta tak lupa meminta saran untuk kegiatan tersebut. Kerjasama yang saya lakukan dengan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tengah berupa mengunjungi ruangan kerja beliau, kemudian meminta beliau memberikan saran-saran terkait kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan, serta meminta ijin untuk melakukan kegiatan pengadian kepada masyarakat di sekolah yang ada di Aceh Tengah. Kerjasama juga saya lakukan dengan guru-guru sebagai objek pengabdian berupa permintaan kepada guru-guru agar datang tepat waktu dan permohonan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik. Kerjasama juga dilakukan dengan petugas penjaga sekolah yang dalam hal ini bertanggung jawab atas keamanan dan kebersihan disekolah tempat pengabdian dilakukan, petugas kebersihan memberikan permintaan agar menjaga kebersihan dan jangan riuh selama pengabdian berlangsung.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}