Home » » Guru dan Peranannya dalam Pengembangan Kurikulum

Guru dan Peranannya dalam Pengembangan Kurikulum

Posted by Awal KPN on Monday 27 June 2022

Guru  dan  pengembangan  kurikulum   pendidikan   agama   Islam   di   era revolusi industry 4.0, merupakan komponen yang berkaitan satu sama lain dan   sangat   dibutuhkan   bagi   lembaga pendidikan Islam, karena guru merupakan komponen “key factor” dalam pengembangan   kurikulum   itu   sendiri, terutama  dalam  menghadapi  dinamika perubahan  sosial  pada  saat  ini,  dimana guru dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi, demi keberlangsungan   interaksi   pendidikan, yang     sangat     berpengaruh     terhadap keberlangsungan   proses   dan   kegiatan pembelajaran    bagi    peserta    didik    di lembaga   pendidikan   Islam. Pengembangan  kurikulum  pendidikan  agama  Islam  yang  terlaksana  dengan  baik,  akan menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas,   dan   tentunya   berdampak kepada  lembaga  pendidikan  Islam,  tentunya  dengan  didukung  oleh  guru  yang tidak    tertinggal    akan    kemajuan    dan perkembangan teknologi dan informasi.


Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum    pendidikan    agama    Islam yang  digunakan  terdiri  dari: 

1).  Prinsip umum  dalam  pengembangan  kurikulum pendidikan   agama   Islam   terdiri   dari prinsip   relevansi,   prinsip   fleksibilitas, prinsip kontiunitas, prinsip efisiensi, dan prinsip  praktis,  dan 

2).  Prinsip  khusus dalam pengembangan kurikulum pendidikan   agama   Islam   terdiri   dari tujuan.

Sedangkan model pengembangan kurikulum    pendidikan    agama    Islam terdiri   dari   dua   model,   yaitu:  

1). The administrative model, dan

2).The grass root Model.

Namun,    prinsip    dan    model pengembangan   kurikulum   pendidikan agama  Islam  tidak  akan  berjalan  dengan baik,   apabila tidak   didukung   dengan penguasaan guru terhadap teknologi dan informasi. Pengembangan kurikulum pendidikan   agama   Islam   bukan   saja   menjadi tanggung    jawab    kepala    sekolah    di lembaga   pendidikan   Islam,   tapi   juga sudah menjaditugas utamayang  harus dilaksanakan  oleh guru, dimana  dalam guru   memiliki empat peranan penting dalam pengembangan kurikulum pendidikan    agama    Islam    di    lembaga pendidikan  Islam,  antara  lain: implementer (pelaksana), developer (pengembang), adapter (penyelaras) dan researcher (peneliti). Upaya  yang  dilakukan  guru melalui peranan tersebut, dalam mengembangkan pendidikan agama Islam    di    lembaga    pendidikan    Islam terutama,  di  era  revolusi  industry  4.0, seyogyanya    mampu    mengembangkan kurikulum    pendidikan    agama    Islam yang     sesuai     dengan     zaman,     serta orientasinya  bukan  hanya  peserta  didik paham, akan tetapi juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidu-pannya   sehari-hari.   Dengan   berusaha menjaga    aqidah    dan    akhlak    peserta didiknya,    agar    kelak    peserta    didik memiliki  prinsip  dan  keyakinan  kokoh dalam segala kondisi dan situasi.

Sumber: 

Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam14(1), 1-18.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}