Home » » SILABUS Penelitian Tindakan Kelas

SILABUS Penelitian Tindakan Kelas

Posted by Awal KPN on Wednesday 6 March 2024

 

A.    IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah           : Penelitian Tindakan Kelas

Kode Mata Kuliah           :

Jumlah SKS                     : 2 SKS

Prodi/Semester                 : Pendidikan Agama Islam/VI

Dosen Pengampu             : Awal Kurnia Putra Nasution, M.TPd

 

B.     CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar penelitian serta metode penelitian pendidikan yang digunakan dalam pelaksanaan PTK. Selain itu, mahasiswa juga mampu merancang proposal PTK dengan judul yang tepat dan melakukan uji validitas terhadap proposal tersebut. Selama pelaksanaan PTK, mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah di kelas, merancang dan mengimplementasikan tindakan yang tepat, serta mampu menghasilkan laporan hasil penelitian dan pembahasannya secara sistematis dan akurat. Melalui pemahaman konsep PTK dan pengalaman dalam melaksanakan PTK, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh kemampuan yang memadai untuk menjadi guru profesional yang mampu memperbaiki mutu pembelajaran di kelas.

 


C.    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

1.      Mampu membuat kontrak kuliah dengan baik dan benar.

2.      Memahami konsep dasar penelitian.

3.      Mampu mengidentifikasi jenis-jenis metode penelitian pendidikan.

4.      Memahami prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

5.      Mampu membuat proposal penelitian tindakan kelas yang baik dan benar.

6.      Mampu menentukan judul PTK yang tepat.

7.      Mampu menyelesaikan Ujian Tengah Semester (UTS) dengan baik.

8.      Mampu menyusun bab I Pendahuluan yang baik dan benar (latar belakang masalah, rumusan masalah).

9.      Mampu menyusun bab II Kerangka Teori yang baik dan benar.

10.  Mampu menyusun bab III Metode Penelitian yang baik dan benar.

11.  Mampu menyajikan hasil penelitian dan pembahasan secara sistematis dan logis pada bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.

12.  Mampu menyimpulkan hasil penelitian dan memberikan rekomendasi pada bab V Kesimpulan.

13.  Mampu menyusun lembar observasi dengan baik dan benar.

14.  Mampu mengimplementasikan PTK pada lingkungan kelas secara tepat.

15.  Mampu mengevaluasi dan merefleksikan implementasi PTK pada lingkungan kelas.

16.  Mampu menyelesaikan Ujian Akhir Semester (UAS) dengan baik.

 

D.    DESKRIPSI MATA KULIAH

Dengan mempelajari materi kuliah PTK, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep dasar penelitian, jenis-jenis metode penelitian pendidikan, dan prosedur pelaksanaan PTK. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu membuat proposal penelitian yang baik dan benar, serta mampu melakukan implementasi PTK pada lingkungan kelas dan merefleksikan hasilnya secara tepat. Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan, terutama pada jurusan pendidikan guru.

 

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar penelitian dan metode penelitian pendidikan yang digunakan dalam pelaksanaan PTK. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana merancang proposal PTK dengan judul yang tepat dan melakukan uji validitas terhadap proposal tersebut. Selama pelaksanaan PTK, mahasiswa akan mempelajari prosedur pelaksanaan PTK, mulai dari identifikasi masalah di kelas, merancang dan mengimplementasikan tindakan yang tepat, hingga menghasilkan laporan hasil penelitian dan pembahasannya secara sistematis dan akurat. Mahasiswa juga akan mempelajari berbagai instrumen penelitian yang digunakan dalam PTK, seperti lembar observasi dan kuesioner.


F.  TOPIK/SUB TOPIK

  1.  Kontrak Kuliah
  2. Konsep Dasar Penelitian
  3. Metode Penelitian Pendidikan
  4. Penelitian Tindakan Kelas (Prosedur Pelaksaan)
  5. Proposal Penelitian Tindakan Kelas
  6.  Judul PTK
  7. Ujian Tengah Semester (UTS)
  8. Bab I Pendahuluan (Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah)
  9. Bab II Kerangka Teori
  10. Bab III Metode Penelitian
  11. Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan
  12. BAB V Kesimpulan
  13. Lembar Observasi
  14. Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
  15. Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
  16. Ujian Akhir Semester (UAS)

 

G .     REFERENSI

1.      Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

2.      Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education. routledge.

3.      Hopkins, D. (2014). A teacher's guide to classroom research. McGraw-Hill Education (UK).

4.      Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research.

5.      Morrison, K. (2015). Educational research: contemporary issues and practical approaches.

6.      Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

7.      Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

8.      Mertler, C. A. (Ed.). (2019). The Wiley handbook of action research in education. John Wiley & Sons.

 

H.    EVALUASI

Nilai akhir mahasiswa ditentukan dari beberapa aspek dengan persentasi sebagai berikut:

a.       Quis 10%

b.      Tugas 25% 

c.       UTS 25%

d.     UAS 40%



0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}