SILABUS
1. Identitas Mata Kuliah
Dosen
Pengampu : Awal Kurnia Putra Nasution,
M.TPd
Mata
Kuliah : Inovasi Pendidikan
Kode : MKB
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/MPI
Semester : VI (enam)
Bobot : 2 SKS
Alokasi
Waktu : 16 x tatap muka
2. Standar Kompetensi (SK)
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
1.
Mampu menganalisis pengertian, ruang lingkup dan
tujuan Inovasi Pembelajaran dalam bentuk essay dan resume.
2. Mampu menguraikan dan memahami
Teori-Teori Belajar
3. Mampu
menganalisis hubungan Teori Belajar dan Pembelajaran
4. Mampu
menganalisis Implementasi strategi, pendekatan, dam model-model Pembelajaran
5. Mampu
menganalisis Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran dalam bentuk Mini
Reserch
6. Mampu
menganalisis Implementasi Inovasi
Pembelajaran dalam melakukan evaluasi Kelas
7.
Mampu menganalisis tetang pentingnya Difusi dan Inovasi Pendidikan
3. Materi pokok
1. Konsep Dasar Inovasi Pendidikan
2. Proses Inovasi Pendikan
3. Karakteristik, Strategi, dan Petunjuk Penerapan Inovasi Pendidikan
4. Manajemen Inovasi Pendidikan
5. Konsep Model Inovasi Pendidikan
6. Akselerasi Program Inovasi Pendidikan
7. Inovasi Bidang Ketenagaan Pendidikan
8. Inovasi Bidang Manajemen Organisasi Pendidikan
9. Inovasi Bidang Kurikulum Pendidikan
10. Monitoring Evaluasi dalam Inovasi Pendidikan
11. Reformasi dan Inovasi Pendidikan
12. Model Inovasi Pendidikan Islam: Sekolah/Madrasah Unggulan, dan Madrasah Model
13. Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19
4. Penilaian
1)
Quis
: 10%
2)
Tugas
: 25%
3)
Midterm
: 25%
4)
Final
: 40%
5. Referensi
1.
Prof. Dr. T.G. Ratumanan, M.Pd., (2015).
Inovasi Pembelajaran, Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik secara Optimal,
Yogyakarta: Ombak, Cet. I.
2.
Dr.
Ridwan Abdullah Sani,
M.Si. (2016). Inovasi
Pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara; Cet. IV
3.
Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., (2017),
Desain Pembelajaran Inovatif, Dari Teorti ke Praktek, Jakarta; PT. Raja
Grafindo Persada, Jakarta; Cet. Ke 2
4.
Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag,
(2017), Pengembagan Media Pembelajaran Berbasi ICT; Konsep dan Aplikasi pada
Pembelajaran PAI, Jakarta; Kencana; Cet. I
5. Hisyam
Zaini dkk, Strategi Pembelajaran
Aktif; (2008); Yogyakarta, Insan Madani.
6.
Dr. H. A. Rusdiana, M.M, Konsep Inovasi
Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2019.
0 comments:
Post a Comment