SILABUS
1. Identitas Mata Kuliah
Dosen
Pengampu : Awal Kurnia Putra Nasution,
M.TPd
Mata
Kuliah : Teori Belajar dan Pembelajaran
Kode : MKB
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/PAI
Semester : II (dua)
Bobot : 2 SKS
Alokasi
Waktu : 16 x tatap muka
2. Standar Kompetensi (SK)
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
1.
Mampu menganalisis pengertian, ruang lingkup dan
tujuan Teori Belajar dan Pembelajaran dalam bentuk essay dan resume.
2. Mampu menguraikan dan memahami
Teori-Teori Belajar
3. Mampu
menganalisis hubungan Teori Belajar dan Pembelajaran
4. Mampu
menganalisis Implementasi strategi, pendekatan, dam model-model Pembelajaran
5. Mampu
menganalisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dan kesulitan
belajar
6.
Mampu menganalisis tetang pentingnya Multiple intelegences
3. Materi pokok
1. Konsep belajar dan Hakikat belajar
2. Prinsip belajar, Jenis belajar, dan Ciri-ciri belajar
3. Hakikat Pembelajaran
4. Model-Model Pembelajaran
5. Teori belajar behavioristik dan penerapannyan dalam pembelajaran
6. Teori belajar kognitif dan penerapannya dalam pembelajaran
7. Teori belajar humanistik dan penerapannya dalam pembelajaran
8. Teori belajar sibernetik dan penerapannya dalam pembelajaran
9. Teori neurosains dan penerapannya dalam pembelajaran
10. Teori belajar KH. Ahmad Dahlan
11. Teori belajar Ki Hadjar Dewantara
12. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
13. Multiple Intellegences
4. Penilaian
1)
Quis
: 10%
2)
Tugas
: 25%
3)
Midterm
: 25%
4)
Final
: 40%
5. Referensi
1. Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori
belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
2. Gasong, D. (2018). Belajar dan
pembelajaran. Deepublish.
3. Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan
pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran.
Garudhawaca.
4. Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan
pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
5. Dimyati, M. (2006). Belajar dan
pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
0 comments:
Post a Comment