Home » » Konsep Dasar Sosiologi Pendidikan

Konsep Dasar Sosiologi Pendidikan

Posted by Awal KPN on Saturday 24 October 2020

1. Pengertian sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mengkaji tentang aktivitas pendidikan yang meliputi proses, prosedur, dan hasil dari sudut pandang ilmu sosial, begitu juga sebaliknya perubahan sosial yang tengah berlangsung di masyarakat dilihat dari perspektif ilmu pendidikan.

Sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari proses interaksi semua orang yang terlibat dalam kegiatan pendidikan.

Ada dua istilah dalam bahasa inggris yang berkembang mengenai sosiologi pendidikan, yaitu: 

  • Educational Sosiology, yaitu usaha memecahkan masalah sosial melalui pendidikan
  • Sociology of Education, yaitu usaha memecahkan masalah masalah pendidikan melalui sosiologi




2. Tujuan sosiologi pendidikan adalah untuk menganalisis kondisi kekinian masyarakat, sehingga setiap individu sebagai anggota masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan pertumbuhan dan perkembangan berbagai fenomena yang muncul dalam masyarakatnya.

3. Obyek sosiologi pendidikan dapat dibagi menjadi dua, yakni obyek material dan obyek formal. Obyek Material sosiologi pendidikan adalah segala sesuatu yang menjadi masalah, segala sesuatu yang dimasalahkan sosiologi pendidikan, yakni masyarakat, tingkah laku manusia, dan institusi pendidikan. Obyek formal sosiologi pendidikan adalah sudut pandang untuk mendapatkan penjelaskan yang mendalam tentang segala sesuatu yang dipermasalahkan obyek material, yakni masyarakat, tingkah laku manusia, dan insitusi pendidikan.

4. Ruang lingkup sosiologi pendidikan meliputi hubungan pendidikan dan masyarakat, struktur sosial, proses sosial, dan perubahan sosial.

5. Pentingnya mempelajari sosiologi pendidikan adalah untuk mempelajari perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam kaitannya dengan pendidikan agar pendidikan dapat mengikuti dan memelopori laju perkembangan dan tidak ketinggalan dengan dinamika perubahan.

6. Wilayah penelitian sosiologi pendidikan sangat luas, meliputi hubungan pendidikan dengan masyarakat, pengaruh sekolah terhadap pembentukan kepribadian dan perilaku, pengaruh perubahan sosial terhadap sekolah, anak didik, dan sebagainya.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}