Home » , » Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Posted by Awal KPN on Saturday 10 October 2020

 Media Pendidikan

Materi Kuliah:

  1. Pengantar Perkuliahan (Cakupan, Target, Metode, Tugas, dan Evaluasi)
  2. Media Pembelajaran (Pengertian media pembelajaran, Perkembangan media pembelajaran)
  3. Media Pembelajaran (Jenis Media Pembelajaran, Fungsi dan Manfaat)
  4. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar
  5. Pemilihan Media Pembelajaran
  6. Pengembangan Media Pembelajaran
  7. UTS
  8. Pembuatan Media Presentasi dengan power point
  9. Pembuatan Media Presentasi dengan power point
  10. Pembuatan Media Video Pembelajaran
  11. Pembuatan Media Video Pembelajaran
  12. Media Pembelajaran Berbasis Internet
  13. Blog sebagai Media Pembelajaran
  14. Facebook sebagai Media Pembelajaran
  15. Whatsapp sebagai Media Pembelajaran
  16. UAS


Pengertian Media Pembelajaran
Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar-mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar

Batasan mengenai pengertian media dalam pembelajaran atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran, di antaranya sebagai berikut:

1. Menurut Association of Education Comunication Technology (AECT) memberikan definisi bahwa media merupakan segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk proses penyampaian pesan (Januszcwski and Molenda, 2008).

2. Menurut National Education Assocation (NEA), media merupakan sebuah perangkat dapat dimanipulasikan, didengar, dilihat, dibaca beserta instrumen yang digunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, serta dapat memengaruhi efektivitas program instruksional.

3. Menurut Gagne and Briggs (1974) media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran yang dapat merangsang siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

4. Menurut Hcinich (1996) media merupakan alat saluran komunikasi. Hcinich mencontohkan media seperti film, televisi, diagram, bahan tercetak (printed material), komputer, dan instruktur.

5. Sementara menurut Daryanto (2010). Media pembelajaran adalah segala sesuatu (baik manusia, benda, atau lingkungan sekitar) yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan dalam pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa pada kegiatan belajar untuk mencapai tujuan.

Dari berbagai pendapat mengenai batasan media pembelajaran, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran merupakan sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan melalui berbagai saluran, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar untuk menambah informasi baru pada diri siswa sehangga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Hal ini sejalan dengan pendapat Haryoko (2012) media pembelajaran umumnya didefinisikan sebagai alat, metode, dan teknik yang digunakan untuk lebih memudahkan komunikasi dan interaksi antara dosen dan mahasiswa dalam proses pendidikan dan pengajaran yang lebih efektif.


sumber: Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

3



0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}