Home » » Perubahan Sosial

Perubahan Sosial

Posted by Awal KPN on Sunday 20 December 2020

1. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial dan lembaga sosial masyarakat. Perubahan sosial meliputi perubahan dalam berbagai hal, seperti perubahan teknologi, perilaku, sistem sosial, dan norma. Perubahan tersebut mempengaruhi individu dalam masyarakat tertentu.



2. Teori-teori sosiologi yang merespons perubahan sosial meliputi: teori evolusi, teori konflik, teori fungsionalis, dan teori siklis.


3. Pendidikan mempunyai fungsi untuk mengadakan perubahan sosial: 

(1) melakukan reproduksi budaya, 

(2) difusi budaya, 

(3) mengembangkan analisis kultural terhadap kelembagaan-kelembagaan  tradisional, 

(4) melakukan perubahan-perubahan atau modifikasi tingkat ekonomi sosial tradisional, dan 

(5) melakukan perubahan-perubahan yang lebih mendasar terhadap institusi-institusi tradisional yang telah ketinggalan.


PERAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL

Abstrak
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui peran peran pendidikan Islam terhadap perubahan social yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Pendekatan dalam peneltian ini adalah penelitian kepustakaan. Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan manusia. Bagaimana agar pendidikan itu tidak hanya hanyut oleh dinamika perubahan, tetapi ia mampu memerankan dirinya sebagai agen perubahan itu sendiri. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam, tentu sangat memperhatikan keadaan masyarakat. Hal ini terlihat dari bukti sejarah, bagaimana Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat Arab. Kemudian terus berkembang hingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa Islam membangun masyarakat melalui pendidikan, karena proses pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif dalam membangun umat. Dalam pendidikan Islam selalu memperhatikan dua sudut pandang dalam segala aspek, seperti aspek lahiriyah dan bathiniyah, aspek individual dan sosial, duniawi dan ukhrowi, yaitu terbentuknya insan kamil.

Sumber: Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam10(1).


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}