Home » » Globalisasi dan Pendidikan

Globalisasi dan Pendidikan

Posted by Awal KPN on Sunday 10 January 2021



  1. Globalisasi berasal dari kata Inggris globalyang berarti memiliki sifat semesta atau dunia (globe, artinya bola, dunia). Globalisasi mengandung pengertian proses perubahan menuju kesatuan dunia (one home). Selain istilah globalisasi, sebagian ilmuwan juga menggunakan istilah “universalisasi” (dari kata universe yang berarti dunia) yang memiliki pengertian yang kurang lebih sama, yaitu proses menuju integrasi (penyatuan) dunia dan adanya saling ketergantungan antara satu negara dengan negara lainnya. Sebagian lagi menggunakan istilah “internasionalisasi” untuk menunjuk proses dan kecenderungan yang sama.
  2. Globalisasi, tidak disangkal lagi, telah menghasilkan perubahan-perubahan mendasar dalam kehidupan manusia. Hampir seluruh sektor kehidupan tersentuh oleh pengaruh globalisasi, baik langsung maupun tidak langsung. Dalam konteks ini, kita akan melihat perkembangan globalisasi dalam politik, ekonomi, dan kebudayaan (peradaban).
  3. Perubahan-perubahan sosial-politik telah membawa kepada suatu keperluan untuk memberikan orientasi baru terhadap pedagogik. Pedagogik bukan sekadar mencermati perkembangan anak sejak lahir sampai dewasa, atau mengenai proses pendidikan orang dewasa, atau menyimak mengenai proses belajar dan pembelajaran, tetapi lebih luas daripada itu, yaitu menempatkan perkembangan dan kehidupan manusia di dalam tatanan kehidupan global.


REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI


Artikel ini membahas tentang Pendidikan Islam yang mendapat berbagai tantangan krusial di era globalisasi. Pendidikan Islam menempati posisi yang penting dalam kehidupan globalisasi, sebab globalisasi itu sendiri mempunyai pengaruh positif dan negatif pada pendidikan Islam. Untuk itu, reformasi pendidikan Islam dapat mengupayakan membangkitkan kembali visi pendidikan Islam yang lebih baik untuk membangun dan meningkatkan mutu manusia dan masyarakat Muslim di era globalisasi dengan tetap merujuk kepada al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber ajarannya. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi. Data dalam tulisan ini merupakan data kepustakaan yang yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi dapat menjadi peluang dan menjelma sebagai tantangan bagi pendidikan Islam. Arus globalisasi bukan lawan atau kawan bagi pendidikan Islam, melainkan sebagai dinamisator. Jika pendidikan Islam mengambil posisi anti global, maka akan stagnan tidak bergerak dan pendidikan Islam akan mengalami penghambatan intelektual. Sebaliknya bila pendidikan Islam terseret oleh arus global, tanpa daya identitas keislaman sebagai sebuah proses pendidikan akan dilindas. Maka pendidikan Islam harus memposisikan diri dengan menakar arus global, dalam arti yang sesuai dengan pedoman dan ajaran nilai-nilai Islam agar bisa direformasi, diadopsi dan dikembangkan.

Sumber:
Dacholfany, M. (2015). REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173-194. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/441


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}