Home » » Judul PTK

Judul PTK

Posted by Awal KPN on Monday 27 March 2023

Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

A. Latar Belakang

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan moral siswa. Namun, dalam kenyataannya, masih banyak siswa yang kurang tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran tersebut. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta tingkat ketidakhadiran siswa yang tinggi pada mata pelajaran tersebut. Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran, metode pengajaran yang monoton, dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran.


Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah reciprocal teaching. Model pembelajaran reciprocal teaching adalah suatu model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk menjadi pengajar bagi teman sebaya mereka dan membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik atas materi pelajaran. Dalam model pembelajaran ini, siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran.

Namun, masih sedikit penelitian yang meneliti tentang penerapan model pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan dapat memberikan solusi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan dapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut.

Dalam penelitian tindakan kelas, peneliti akan mencoba menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan melihat perubahan yang terjadi pada motivasi belajar siswa. Peneliti akan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memperbaiki hasil belajar mereka. Semoga dengan dilakukan penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi para guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

B. Rumusan Masalah

Apakah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas _____?


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}