Home » » Contoh Analisis Data Kualitatif

Contoh Analisis Data Kualitatif

Posted by Awal KPN on Sunday, 23 March 2025

 

Contoh Analisis Data Kualitatif

Judul Penelitian: Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah
Metode Penelitian: Studi kasus kualitatif
Teknik Pengumpulan Data: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi
Subjek Penelitian: Guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah


1. Analisis Data dengan Model Miles & Huberman

a. Reduksi Data (Data Reduction)

Setelah wawancara dilakukan dengan 5 guru dan 10 siswa, data yang dikumpulkan dalam bentuk transkrip wawancara dan catatan observasi dikoding berdasarkan kategori berikut:

Kategori Koding:

  1. Persepsi terhadap Teknologi

  2. Manfaat Teknologi dalam Pembelajaran

  3. Hambatan dalam Penggunaan Teknologi

  4. Dampak terhadap Motivasi dan Hasil Belajar

Contoh Kutipan Data yang Dikoding:

  • "Saya merasa teknologi sangat membantu dalam mengajar, terutama dalam menyajikan materi yang lebih menarik bagi siswa." (Kode: Manfaat Teknologi dalam Pembelajaran)

  • "Kadang-kadang kami mengalami kendala jaringan internet, sehingga sulit menggunakan teknologi secara optimal." (Kode: Hambatan dalam Penggunaan Teknologi)

  • "Saya lebih semangat belajar ketika menggunakan aplikasi pembelajaran dibanding hanya mendengarkan ceramah guru." (Kode: Dampak terhadap Motivasi dan Hasil Belajar)


b. Penyajian Data (Data Display)

Setelah proses reduksi, data disajikan dalam bentuk tabel untuk memudahkan analisis pola dan hubungan antar kategori.

KategoriTemuan
Persepsi terhadap TeknologiSebagian besar guru dan siswa setuju bahwa teknologi mendukung pembelajaran.
Manfaat Teknologi dalam PembelajaranMembantu menyajikan materi secara lebih menarik dan interaktif.
Hambatan dalam Penggunaan TeknologiKendala internet, kurangnya keterampilan teknologi bagi guru tertentu.
Dampak terhadap Motivasi dan Hasil BelajarSiswa lebih termotivasi dan hasil belajar meningkat ketika menggunakan teknologi.

c. Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing & Verification)

Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Teknologi memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa.

  2. Hambatan utama dalam penerapan teknologi adalah kendala teknis seperti internet dan keterampilan digital guru.

  3. Implementasi teknologi perlu didukung dengan pelatihan guru agar lebih optimal dalam penggunaannya.

Untuk verifikasi, triangulasi data dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memastikan konsistensi temuan.


2. Analisis Data dengan NVivo

Jika menggunakan NVivo, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Mengimpor Data

  • Transkrip wawancara guru dan siswa dimasukkan ke dalam NVivo.

  • Catatan observasi dan dokumen pendukung juga diunggah untuk dianalisis.

b. Koding Data

  • Peneliti membuat node (kategori) seperti Manfaat Teknologi, Hambatan, Motivasi, dan lainnya.

  • Setiap pernyataan dalam wawancara diberi koding sesuai dengan kategori tersebut.

c. Analisis dan Visualisasi

NVivo memungkinkan peneliti untuk:

  • Menganalisis frekuensi tema → Misalnya, "Hambatan Teknologi" muncul dalam 30% pernyataan.

  • Membuat word cloud untuk melihat kata-kata yang paling sering muncul.

  • Menghubungkan kategori dalam model visual (misalnya, bagaimana "Motivasi" berkaitan dengan "Manfaat Teknologi").


Kesimpulan Akhir

Melalui kedua metode ini (Miles & Huberman serta NVivo), dapat disimpulkan bahwa penerapan teknologi dalam pembelajaran di madrasah memiliki banyak manfaat, tetapi juga menghadapi beberapa tantangan yang perlu diselesaikan agar dapat lebih efektif.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter
.comment-content a {display: none;}