Skripsi kualitatif berjudul “Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di MI”:
Panduan Wawancara Guru
Judul Penelitian: Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Identitas Responden:
Nama: .............................................
Kelas yang Diampu: ...................................
Tanggal Wawancara: .....................................
Petunjuk:
Wawancara ini bertujuan menggali informasi mengenai implementasi pembelajaran tematik integratif, keterampilan sosial siswa selama pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaannya.
Pertanyaan Wawancara
A. Implementasi Model Pembelajaran Tematik Integratif
-
Bagaimana Bapak/Ibu merencanakan pembelajaran tematik integratif di kelas?
-
Apa saja langkah yang dilakukan sebelum, saat, dan setelah pembelajaran tematik integratif?
-
Bagaimana Bapak/Ibu mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema pembelajaran?
-
Strategi atau metode apa yang digunakan agar pembelajaran tematik integratif dapat berjalan dengan efektif?
-
Bagaimana peran Bapak/Ibu dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran tematik integratif?
B. Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik Integratif
6. Bagaimana Bapak/Ibu melihat perkembangan keterampilan sosial siswa selama mengikuti pembelajaran tematik integratif?
7. Aspek keterampilan sosial apa saja yang paling terlihat berkembang pada siswa?
8. Dapatkah Bapak/Ibu memberikan contoh konkret perubahan sikap atau perilaku sosial siswa?
9. Bagaimana siswa menunjukkan kemampuan kerja sama, komunikasi, dan sikap saling menghargai selama pembelajaran?
C. Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Model Pembelajaran Tematik Integratif
10. Apa saja kendala atau hambatan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menerapkan pembelajaran tematik integratif?
11. Bagaimana Bapak/Ibu mengatasi kendala-kendala tersebut?
12. Faktor internal apa saja yang mendukung keberhasilan penerapan model pembelajaran ini? (misal: dukungan sekolah, kesiapan guru, fasilitas)
13. Apakah ada dukungan dari pihak lain seperti kepala sekolah, orang tua, atau rekan guru? Bagaimana bentuk dukungan tersebut?
14. Faktor eksternal apa yang memengaruhi proses pembelajaran tematik integratif?
15. Apa harapan Bapak/Ibu agar pembelajaran tematik integratif dapat berjalan lebih baik ke depannya?
LAMPIRAN 2
Panduan Observasi Kelas
Identitas Observasi:
-
Nama Guru: ....................................................
-
Kelas: .............................................................
-
Tanggal Observasi: .........................................
-
Mata Pelajaran/ Tema: .....................................
Tujuan:
Mengamati secara langsung pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dan perilaku sosial siswa di kelas.
Aspek yang Diamati:
Aspek yang Diamati | Indikator | Temuan (Catatan Lapangan) |
---|---|---|
1. Kegiatan pembelajaran tematik | Tema terintegrasi dalam beberapa mata pelajaran | ………………………………………………………. |
2. Aktivitas siswa dalam kelompok | Kerja sama, diskusi, berbagi tugas | ………………………………………………………. |
3. Interaksi antar siswa | Saling membantu, menghargai pendapat teman, tidak konflik | ………………………………………………………. |
4. Peran guru dalam membimbing interaksi sosial siswa | Memberikan arahan, memediasi, memberikan pujian | ………………………………………………………. |
5. Situasi kelas secara umum | Kondusif, aktif, partisipatif | ………………………………………………………. |
LAMPIRAN 3
Format Dokumentasi
Tujuan:
Mengumpulkan data visual dan arsip untuk mendukung hasil observasi dan wawancara.
Jenis Dokumen dan Bukti:
Jenis Dokumen/Foto | Keterangan |
---|---|
RPP Tematik Integratif | Digunakan sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran |
Lembar kerja siswa (LKS) | Bukti aktivitas kolaboratif siswa |
Foto kegiatan belajar kelompok | Dokumentasi interaksi siswa saat pembelajaran |
Foto presentasi atau diskusi | Bukti keterampilan komunikasi siswa |
Jurnal guru | Catatan guru tentang perkembangan sikap sosial siswa |
0 comments:
Post a Comment