Home » » Sejarah Perkembangan Sosiologi Pendidikan

Sejarah Perkembangan Sosiologi Pendidikan

Posted by Awal KPN on Sunday 1 November 2020

 


A. Sejarah perkembangan sosiologi pendidikan bermula dari sosiologi yang muncul pada abad 19. Sejarah berdirinya sosiologi pendidikan tidak terlepas dari peran para tokoh sebagai berikut:

  1. Lester Frank Word (1841-1913) Biografi
  2. John Dewey(1859-1952) Biografi
  3. Emile Durkheim (1858-1917) Biografi
  4. Karl Mannheim (1893-1947) Biografi
  5. George Payne 

Sosiologi pendidikan dikuliahkan pertama kali oleh Henry Suzzalo tahun 1910 di Teacher College, Universitas Columbia. Tetapi baru tahun 1917 terbit texbook sosiologi pendidikan yang pertama kali karya Walter R. Smith dengan judul “Introduction to Educational Sosiology”. Pada tahun 1916 di Universitas New York dan Columbia didirikan Jurusan Sosiologi Pendidikan. Himpunan untuk studi sosiologi pendidikan dibentuk pada kongres Himpunan Sosiologi Amerika dalam tahun 1923. sejak tahun itu diterbitkan buku tahunan sosiologi pendidikan. Pada tahun 1928 terbitlah The Journal of Educational Sosiology di bawah pimpinan E. George Payne. Majalah Social Education mulai terbit dalam tahun 1936. sejak tahun 1940 dalam Review of Educational Research dimuat pula artikel-artikel yang mempunyai hubungan dengan sosiologi pendidikan.

B. Paradigma sosiologi pendidikan terdiri dari paradigma fakta sosial, paradigma definisi sosial, dan paradigma perilaku sosial.

  • Fakta sosial adalah aktifitas yang dilakukan masyarakat, baik secara individu atau kelompok yang dapat mempengaruhi aspek-aspek politik, hukum, ekonomi, dan kebudayaan.
  • Sosiologi sebagai suatu studi tentang tindakan sosial antar hubungan sosial.
  • Paradigma perilaku sosial memusatkan perhatiaannya kepada hubungan antara individu dengan lingkungannya


Sumber : 

Maksum, A. (2016). Sosiologi pendidikan. Malang: Madani.

https://dosensosiologi.com/4-pengertian-fakta-sosial-bentuk-sifat-dan-contohnya-lengkap/


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}