Home » » Pendidikan dan Masyarakat

Pendidikan dan Masyarakat

Posted by Awal KPN on Sunday 8 November 2020

Bagian ini membahas tentang persoalan pendidikan dalam kaitannya dengan masyarakat. Pendidikan tidak dapat berdiri sendiri. Aktivitas pendidikan sangat terkait dengan pihak-pihak lain. Setidaknya ada trilogi institusi pendidikan, yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat. Ketiga lembaga ini harus saling bekerjasama untuk mempersiapkan dan membina anak-anak menghadapi masa depannya. Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia secara berkelanjutan dan terarah dalam mempersiapkan anak didik dalam menghadapi kehidupan di masyarakat. Sementara masyarakat senantiasa berubah setiap saat seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi. Agar pendidikan tidak sekedar larut dalam perubahan masyarakat, tetapi pendidikan masih berpegang pada nilai-nilai yang diidealkan, maka pendidikan harus jeli dalam merespons setiap perkembangan yang terjadi di masyarakat..


A. Individu dan Masyarakat

Sekolah dan masyarakat adalah dua lingkungan yang tidak dapat dipisahkan. Sekolah adalah tempat belajar dan masyarakat adalah tempat di mana hasil belajar dapat dilaksanakan. Masyarakat diharapkan dapat mendukung dan berpartisipasi dalam mengembangkan proses pendidikan di sekolah. Dalam hal ini diperlukan strategi atau manajemen untuk melibatkan masyarakat dalam kegiatan pendidikan di sekolah. Upaya mewujudkannya adalah dengan membina hubungan baik antara pengelola sekolah dan masyarakat sehingga kedua pengurus cloud bekerjasama secara simultan dan komprehensif.

B. Pendidikan dan Lingkungan Sosial

Bagi masyarakat hakikat pendidikan sangat bermanfaat bagi kelangsungan dan proses kemajuan hidupnya. Agar masyarakat itu dapat melanjutkan eksistensinya, maka kepada anggota mudanya harus diteruskan nilai-nilai, pengetahuan, keterampilan, dan bentuk tata perilaku lainnya yang diharapkan akan dimiliki oleh setiap anggota. Setiap masyarakat berupaya meneruskan kebudayaannya dengan proses adaptasi tertentu sesuai corak masing-masing periode jaman kepada generasi muda melalui pendidikan, secara khusus melalui interaksi sosial. Dengan demikian pendidikan dapat diartikan sebagai proses sosialisasi.

C. Fungsi Sekolah bagi Masyarakat

Sekolah bertugas untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang diperlukan seseorang agar ia dapat menapaki perjalanan kedewasaannya secara utuh dan tersalurkannya bakat-bakat potensial yang ia miliki.

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama mulai dari pemerintah, orang tua, kemudian masyarakat. Masyarakat memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan pendidikan anak. Oleh karena itu, masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan anak baik secara langsung maupun tidak langsung. Penyelenggaraan pendidikan itu sendiri tentunya akan berdampak pada masyarakat itu sendiri, dengan demikian terdapat korelasi yang positif antara masyarakat dengan pendidikan. Semakin baik pendidikan yang diselenggarakan, semakin baik pula kualitas masyarakat. Begitu pula sebaliknya, semakin baik mutu dan semakin baik masyarakat maka semakin baik pula mutu pendidikan yang diselenggarakan. Oleh karena itu, pendidikan masyarakat harus mendapat perhatian serius dalam sistem penyelenggaraan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran masyarakat dalam pendidikan Islam dapat meningkatkan mutu dan manajemen yang unggul.

D. Pendidikan dan Pembaruan Masyarakat

Peran pendidikan dalam masyarakat meliputi (1) Fungsi sosialisasi, (2) Fungsi kontrol sosial, (3) Fungsi pelestarian budaya Masyarakat, (4) Fungsi latihan dan pengembangan tenaga kerja, (5) Fungsi seleksi dan alokasi, (6) Fungsi pendidikan dan perubahan sosial, (7) Fungsi reproduksi budaya, (8) Fungsi difusi kultural, (9) Fungsi peningkatan sosial, dan (10) Fungsi modifikasi sosial.


Sumber :

Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling2(1), 18-29.

Sada, Herujuabdin. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 8. 117. 10.24042/atjpi.v8i1.2120. 



0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}