Home » » Pemilihan Media Pembelajaran

Pemilihan Media Pembelajaran

Posted by Awal KPN on Wednesday 18 November 2020


A. Pendekatan/model pemilihan media pembelajaran

Anderson (1976) mengemukakan adanya dua pendekatan/ model dalam proses pemilihan media pembelajan, yaitu: model pemilihan tertutup dan model pemilihan terbuka.
  • Pemilihan tertutup, Terjadi apabila alternatif media telah ditentukan “dari atas” (misalnya oleh Dinas Pendidikan), sehingga mau tidak mau jenis media itulah yang harus dipakai.Kalau punkita memilih, maka yang kita lakukan lebih banyak ke arah pemilihan topik/ pokok bahasan mana yang cocok untuk dimediakan pada jenis media tertentu. Misalnya saja, telah ditetapkan bahwa media yang digunakan adalah media audio.
  • Model pemilihan terbuka, Merupakan kebalikan dari pemilihan tertutup. Artinya, kita masih bebas memilih jenis media apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kita.


B. Faktor-faktor dalam pemilihan media, diantaranya :
  1. Faktor tujuan. Media dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan/ dirumuskan
  2. Faktor Efektifitas. Dari berbagai media yang ada, haruslah dipilih media yang paling efektif untuk digunakan dan paling tepat/sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan
  3. Faktor kemampuan guru dan siswa. Media yang dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa,sesuai dengan pola belajar serta menarik perhatian.
  4. Faktor fleksibilitas (Kelenturan), tahan lama dengan kenyataan. Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama (tidak sekali pakai langsung dibuang), menghemat biaya dan tidak berbahaya sewaktu digunakan.
  5. Faktor kesediaan media. Sekolah tidak sama dalam menyediakan berbagai media yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar. Hal ini sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing sekolah. Misalnya guru membuat sensiri, membuat bersama-sama siswa, membeli, menyewa, dll.
  6. Faktor kesesuaian antara manfaat dan biaya. Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan apakah biaya pengadaannya sesuai dengan manfaat yang didapatkan.
  7. Faktor kualitas dan tehnik.


C. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran
Kriteria untuk memilih media pembelajaran yang tepat dapat mempertimbangkan faktor Acces, Cost, Technology, Interactivity, Organization, dan Novelty (ACTION). Yaitu:
  1. Access, artinya media yang diperlukan dapat tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan siswa
  2. Cost, artinya media yang akan dipilih atau digunakan, pembiayaannya dapat dijangkau.
  3. Technology, artinya media yang akan digunakan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya.
  4. Interactivity, artinya media yang akan dipilih dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas. Sehingga siswa akan terlibat (aktif) baik secara fisik, intelektual dan mental.
  5. Organization, artinya dalam memilih media pembelajaran tersebut, secara organisatoris mendapatkan dukungan dari pimpinan sekolah (ada unit organisasi seperti pusat sumber belajar yang mengelola).
  6. Novelty, artinya media yang dipilih tersebut memiliki nilai kebaruan, sehingga memiliki daya tarik bagi siswa yang belajar.


D. Prinsip-prinsip dalam penggunaan media pendidikan 

Ada beberapa prinsip penggunaan media yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar yaitu :

a. Ketepatan dengan tujuan pembelajaran.

b. Dukungan terhadap isi bahan pembelajaran.

c. Kemudahan memperoleh media.

d. Ketrampilan guru dalam menggunakan media.

e. Tersedianya waktu untuk menggunakannya.

f. Sesuai dengan taraf berfikir siswa sehingga makna yang terkandung didalamnya dapat dipahami siswa.


Sumber:

Nurhayati, N. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Abidin, Z. (2017). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan1(1), 9-20.




0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.
Flag Counter
.comment-content a {display: none;}