Home » » Administrasi Pembelajaran

Administrasi Pembelajaran

Posted by Awal KPN on Saturday, 13 September 2025

 

Materi Kuliah: Administrasi Pembelajaran

(Magang I – Observasi Pembelajaran di MI/SD)


1. Pengertian Administrasi Pembelajaran

  • Administrasi pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

  • Administrasi tidak hanya berupa dokumen, tetapi juga mencakup pengelolaan kegiatan belajar-mengajar agar berjalan teratur, terukur, dan terdokumentasi.


2. Tujuan Administrasi Pembelajaran

  1. Menjamin proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

  2. Membantu guru dalam mengorganisasi kegiatan mengajar agar lebih sistematis.

  3. Menjadi pedoman bagi guru dalam mengukur keberhasilan pembelajaran.

  4. Menjadi alat kontrol, evaluasi, dan supervisi oleh kepala sekolah/pengawas.

  5. Menjadi bukti profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya.


3. Fungsi Administrasi Pembelajaran

  • Perencanaan → menentukan arah & strategi pembelajaran.

  • Pengorganisasian → mengatur sarana, prasarana, jadwal, dan dokumen.

  • Pelaksanaan → memastikan kegiatan belajar berjalan sesuai rencana.

  • Pengawasan & Evaluasi → menilai ketercapaian tujuan pembelajaran.

  • Dokumentasi → menyimpan arsip pembelajaran untuk kebutuhan akreditasi, supervisi, dan penilaian kinerja guru.


4. Komponen Administrasi Pembelajaran

a. Perencanaan

  • Kalender pendidikan.

  • Program tahunan (Prota).

  • Program semester (Promes).

  • Silabus.

  • RPP / Modul Ajar.

  • Jadwal pelajaran.

b. Pelaksanaan

  • Jurnal mengajar.

  • Daftar hadir siswa.

  • Catatan pembelajaran harian.

  • Dokumentasi kegiatan (foto/video, portofolio siswa).

c. Evaluasi

  • Kisi-kisi soal & instrumen penilaian.

  • Rekapitulasi nilai siswa.

  • Analisis hasil belajar.

  • Program tindak lanjut (remedial & pengayaan).


5. Contoh Dokumen Administrasi Guru MI/SD

  • Program Tahunan (Prota) → target capaian setahun.

  • Program Semester (Promes) → target capaian tiap semester.

  • RPP/Modul Ajar → panduan detail kegiatan pembelajaran.

  • Jurnal Mengajar → catatan harian guru tentang pelaksanaan pembelajaran.

  • Daftar Hadir Siswa → data kehadiran dan keaktifan siswa.

  • Analisis Hasil Evaluasi → rekapan dan analisis nilai siswa.

  • Buku Nilai / E-Rapor → laporan capaian belajar siswa.


6. Tantangan Administrasi Pembelajaran di MI/SD

  • Beban administratif guru terlalu banyak, sehingga mengurangi waktu fokus ke pengajaran.

  • Kurangnya integrasi teknologi (masih manual, belum berbasis digital).

  • Gap antara dokumen dengan praktik nyata: dokumen lengkap, tapi tidak sesuai pelaksanaan.

  • Kompetensi guru dalam IT masih beragam, sehingga tidak semua bisa memanfaatkan aplikasi administrasi.


7. Strategi Efektivitas Administrasi Pembelajaran

  1. Pemanfaatan teknologi: e-rapor, e-learning, aplikasi manajemen kelas.

  2. Kolaborasi guru dalam penyusunan dokumen (misalnya RPP bersama MGMP/KKG).

  3. Manajemen waktu agar penyusunan administrasi tidak mengganggu proses belajar.

  4. Supervisi akademik untuk memastikan administrasi sesuai dengan praktik pembelajaran.


8. Relevansi dengan Magang I (Observasi di MI/SD)

Mahasiswa diharapkan dapat:

  • Mengamati kelengkapan dokumen administrasi yang digunakan guru.

  • Membandingkan antara dokumen administrasi dengan praktik nyata pembelajaran.

  • Menyusun laporan observasi tentang bagaimana administrasi pembelajaran dikelola di sekolah mitra.


Diskusi Kelas

  1. Menurut Anda, apakah administrasi pembelajaran lebih banyak membantu atau justru membebani guru? Mengapa?

  2. Bagaimana peran teknologi digital (misalnya aplikasi e-rapor) dalam meringankan administrasi pembelajaran?

  3. Apa saja administrasi pembelajaran yang pernah Anda lihat ketika di sekolah (misalnya saat PPL atau KKN)?


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter
.comment-content a {display: none;}