Home » » Pertemuan 3 – Magang I (Observasi Pembelajaran di MI/SD)

Pertemuan 3 – Magang I (Observasi Pembelajaran di MI/SD)

Posted by Awal KPN on Friday, 19 September 2025

 

Pertemuan 3 – Magang I (Observasi Pembelajaran di MI/SD)

Tema: Pendalaman Materi – Sarana dan Prasarana Pembelajaran


A. Capaian Pembelajaran Pertemuan

  • Sub CPMK: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, jenis, fungsi, dan manajemen sarana-prasarana pembelajaran di MI/SD.

  • Indikator:

    1. Mahasiswa dapat mendefinisikan sarana dan prasarana pembelajaran.

    2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis sarana dan prasarana di MI/SD.

    3. Mahasiswa dapat menganalisis keterkaitan sarana-prasarana dengan kualitas proses pembelajaran.


B. Uraian Materi

1. Pengertian Sarana dan Prasarana Pembelajaran

  • Sarana pembelajaran: semua peralatan, perlengkapan, dan media yang digunakan secara langsung dalam proses belajar mengajar.
    Contoh: buku teks, papan tulis, proyektor, LCD, komputer, alat peraga IPA/Matematika, laboratorium bahasa.

  • Prasarana pembelajaran: fasilitas yang menunjang jalannya kegiatan pembelajaran, meskipun tidak digunakan secara langsung dalam interaksi belajar-mengajar.
    Contoh: ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga, mushalla, jaringan internet.


2. Fungsi Sarana dan Prasarana Pembelajaran

  1. Mendukung kelancaran proses belajar mengajar.

  2. Meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kualitas pembelajaran.

  3. Menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif.

  4. Menjadi indikator standar mutu pendidikan (terkait akreditasi sekolah).

  5. Membantu guru dalam menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi.


3. Jenis-Jenis Sarana dan Prasarana di MI/SD

a. Sarana Edukatif (instruksional): alat bantu belajar, media pembelajaran, buku paket, bahan ajar digital.
b. Sarana Non-edukatif: meja, kursi, papan tulis, lemari, perlengkapan kantor.
c. Prasarana Fisik: ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, laboratorium, toilet, lapangan olahraga.
d. Prasarana Non-fisik: sistem manajemen sekolah, jaringan listrik dan internet, tata tertib sekolah.


4. Manajemen Sarana dan Prasarana

  • Perencanaan: menganalisis kebutuhan sarpras sesuai kurikulum dan jumlah siswa.

  • Pengadaan: membeli, membuat, atau menerima hibah sarpras.

  • Pemanfaatan: penggunaan sarpras secara efektif, hemat, dan sesuai fungsi.

  • Pemeliharaan: menjaga kondisi sarpras agar tahan lama.

  • Penghapusan: menghapus sarpras yang rusak berat atau sudah tidak relevan.


5. Permasalahan Sarpras di MI/SD

  • Keterbatasan anggaran sekolah.

  • Sarana tersedia, tetapi tidak digunakan (misalnya laboratorium terkunci).

  • Pemeliharaan kurang optimal → cepat rusak.

  • Ketimpangan antar sekolah (ada yang lengkap, ada yang sangat minim).


6. Standar Nasional Pendidikan (SNP) tentang Sarpras

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2007:

  • Ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, laboratorium IPA, ruang UKS, lapangan olahraga.

  • Sarana minimal: meja, kursi, papan tulis, buku teks, media belajar, alat peraga, ICT.


D. Media & Sumber Belajar

  • Contoh foto/dokumen sarpras sekolah (perpustakaan, laboratorium, ruang kelas).

  • PowerPoint “Sarana dan Prasarana Pembelajaran di MI/SD”.

  • Buku:

    • Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    • Permendikbud No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarpras.


E. Penugasan

  • Individu: Buat ringkasan (1 halaman) tentang perbedaan sarana dan prasarana pembelajaran beserta contohnya di MI/SD.

  • Kelompok: Lakukan mini-survey (tanya guru/lihat dokumen) tentang sarpras di sekolah sekitar, lalu buat analisis sederhana (mana yang sudah memenuhi SNP, mana yang belum).



0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter
.comment-content a {display: none;}