Home » » RPS MATA KULIAH: Etika Akademik

RPS MATA KULIAH: Etika Akademik

Posted by Awal KPN on Wednesday, 10 September 2025

 

UIN SUMATERA UTARA MEDAN

 

PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UIN SUMATERA UTARA

M E D A N

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH:

Etika Akademik

KODE MATA KULIAH:

25010000003

RUMPUN MATA KULIAH:

Universitas

BOBOT (SKS):

2 SKS

SEMESTER:

I

TANGGAL PENYUSUNAN:

 

OTORISASI

 

DOSEN PENGEMBANG RPS:

Awal Kurnia Putra Nasution, M.TPd

 

KOORDINATOR RMK:

Awal Kurnia Putra Nasution, M.TPd

 

Kaprodi

Maryati Salmiah, M.Hum

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

1.     Menguasai konsep-konsep dasar keilmuan dalam bidang Tadris Bahasa Inggris.

2.     Menunjukkan sikap religius, etis, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia dalam aktivitas akademik.

3.     Mampu mengaplikasikan prinsip etika akademik dalam pembelajaran, penelitian, dan interaksi sosial di kampus.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

CPMK1. Menjelaskan konsep dasar, ruang lingkup, dan urgensi etika akademik.

CPMK 2. Menganalisis nilai-nilai akhlaq dan adab Islam dalam etika akademik.

CPMK 3. Mengaplikasikan prinsip-prinsip etika akademik dalam pembelajaran, penelitian, dan publikasi ilmiah.

CPMK 4. Mengidentifikasi dan mengkritisi bentuk pelanggaran etika akademik beserta implikasinya.

CPMK 5. Mengembangkan sikap akademik yang berintegritas, bertanggung jawab, dan profesional.

 

 

DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH:

Mata kuliah Etika Akademik membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar, prinsip, dan praktik etika dalam dunia akademik. Mahasiswa diajak untuk mengenal nilai-nilai akhlak, adab, dan kode etik sivitas akademika, baik sebagai dosen maupun mahasiswa, serta menginternalisasikan sikap religius, jujur, tangguh, dan bertanggung jawab dalam setiap aktivitas akademik.

Selain aspek teoritis, mata kuliah ini juga menekankan pada penerapan etika dalam interaksi pembelajaran, penelitian, publikasi ilmiah, penggunaan sumber daya pendidikan, hingga tantangan etika akademik kontemporer seperti plagiarisme, perjokian, dan pelanggaran integritas. Melalui pendekatan diskusi, studi kasus, dan proyek kelompok, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan sikap ilmiah, menjunjung tinggi integritas, serta berkontribusi dalam membangun budaya akademik yang bermartabat dan beradab.

 

MATERI PEMBELAJARAN/
POKOK BAHASAN

Materi Pokok / Pokok Bahasan

  1. Pengantar: RPS, Orientasi, dan Kontrak Perkuliahan
  2. Etika Akademik: Sebuah Pengenalan Awal
    • Definisi Etika Akademik
    • Ruang lingkup Etika Akademik
    • Urgensi Etika Akademik bagi sivitas akademika di perguruan tinggi
  3. Al-Adab Fawq al-`Ilm: Relevansi Etika Akademik
    • Nilai intrinsik ilmu: al-`ilmu nur
    • Niat menuntut dan memiliki ilmu
    • Karakter ulul albab
  4. Dimensi Internal (Adab al-Nafs) Etika Akademik
    • Ikhlas
    • Jujur
    • Tangguh
    • Curiosity (Rasa ingin tahu)
  5. Etika Akademik dalam Interaksi Pembelajaran
    • Menyayangi dan menghormati
    • Sopan dan kepatutan dalam kata dan tingkah laku
    • Sikap membantu
    • Akhlak dan Etika berdiskusi
  6. Kode Etik Dosen dan Mahasiswa UIN-SU
    • Kode Etik Dosen
    • Kode Etik Mahasiswa
  7. Adab Mahasiswa terhadap Ilmu
    • Etika dalam kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah
    • Etika pengumpulan data
    • Etika penulisan laporan penelitian
    • Etika pengutipan karya tulis orang lain
    • Aplikasi pendukung aktivitas akademik (Reference Manager; Similarity Checker)
  8. Ujian Tengah Semester (UTS)
  9. Etika terhadap Alat-alat Belajar
    • Menjaga lingkungan dan fasilitas pendidikan
    • Mengoptimalkan fungsi
    • Menghargai sesama pengguna
  10. Etika Akademik dan Realitas Kontemporer
    • Mengenal Paten
    • Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Merek Dagang
  11. Pelanggaran Etika Akademik: Studi Kasus Moralitas dan Implikasinya
    • Kondisi dan faktor terjadinya pelanggaran Etika Akademik
    • Bentuk-bentuk pelanggaran Etika Akademik
    • Dampak pelanggaran Etika Akademik
  12. Pelanggaran Etika Akademik: Studi Kasus Plagiasi dan Implikasinya
  13. Pelanggaran Etika Akademik: Komersialisasi dan Perjokian
  14. Pelanggaran Etika Akademik: Kekerasan dalam Dunia Pendidikan
    • Kekerasan Verbal
    • Kekerasan Fisik
    • Kekerasan Seksual
  15. Proyek Pengembangan Etika Akademik
  16. Ujian Akhir Semester (UAS)

 

PUSTAKA

 

UTAMA

 

1. Asari, Hasan. Etika Akademis dalam Islam. (Jakarta: PrenadaMedia, 2020)

2. Tarigan, Azhari Akmal. Etika Akademik: Ikhtiar Mewujudkan Insan Ululalbab. Medan: FEBI UIN SU Press, 2022

3. Al-Nawawy, Imam. Etika Interaksi Dosen dan Mahasiswa.Terjemahan Ahmad Zuhri & Husnel Anwar Matondang. Medan: IAIN Press, 2011.

4. Shils, Edward. Etika Akademis. Terj. A. Agus Nugroho. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1993.

5. Rosenthal, Franz. Etika Kesarjanaan Muslim: Dari Al-Farabi Hingga Ibn Khaldun. Terjemahan Ahsin Mohamad.Bandung: Mizan, 1996.

6. Harahap, Syahrin. Penegakan Moral Akademik di Dalam dan di Luar Kampus. Jakarta: RajaGrapindo Persada, 2005.

7. Elias, Stephen and Richard Stim. Patent, Copyright and Trademark. Berkeley: Nolo, 2004. 8. Nawawi, Imam, Adab Al-alim wa al-Muta’lim wa Adab, Maktabah ash-Shahabah, Thantha, 1987.

PENDUKUNG

 

1.     Bretag, T. (Ed.). (2016). Handbook of Academic Integrity. Singapore: Springer.

2.     Macfarlane, B., Zhang, J., & Pun, A. (2014). Academic integrity: A review of the literature. Studies in Higher Education, 39(2), 339–358.

3.     Eaton, S. E. (2021). Academic Integrity in Canada: An Enduring and Essential Challenge. Springer.

4.     Sutherland-Smith, W. (2008). Plagiarism, the Internet, and Student Learning: Improving Academic Integrity. New York: Routledge.

5.     Pecorari, D. (2013). Teaching to Avoid Plagiarism: How to Promote Good Source Use. New York: McGraw-Hill.

6.     Carroll, J. (2007). A Handbook for Deterring Plagiarism in Higher Education. Oxford: Oxford Centre for Staff and Learning Development.

 

MEDIA PEMBELAJARAN

Powerpoint, Worksheet Kearsipan, Artikel Jurnal Ilmiah, Buku

TEAM TEACHING

-

MATA KULIAH SYARAT

-

 

 

Minggu ke

Sub CPMK (Kemampuan Akhir)

Indikator

Kriteria & Bentuk Penilaian

Metode Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Bobot

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

CPMK 1: Menjelaskan konsep dasar, ruang lingkup, dan urgensi etika akademik

Mampu menjelaskan isi RPS, kontrak kuliah, serta pengertian awal etika akademik

Kriteria: keaktifan diskusi; Bentuk: non-tes (partisipasi)

Lecturing, Brainstorming, Diskusi

Pengantar: RPS, Orientasi, Kontrak Kuliah

2%

2

CPMK 1

Menjelaskan definisi, ruang lingkup, urgensi etika akademik

Kriteria: resume & jawaban lisan

Lecturing, Diskusi, Presentasi

Etika Akademik: definisi, ruang lingkup, urgensi

5%

3

CPMK 2: Menganalisis nilai-nilai akhlaq dan adab Islam dalam etika akademik

Menjelaskan konsep al-adab fawq al-‘ilm, niat, ulul albab

Kriteria: makalah singkat

Lecturing, Diskusi, Presentasi

Al-Adab Fawq al-`Ilm; Nilai ilmu; Ulul Albab

5%

4

CPMK 2

Menguraikan nilai ikhlas, jujur, tangguh, curiosity

Kriteria: makalah kelompok

Lecturing, Diskusi, Presentasi

Dimensi Internal Etika Akademik (Adab al-Nafs)

6%

5

CPMK 2 & 3

Memberi contoh etika dalam interaksi pembelajaran

Kriteria: simulasi & diskusi

Lecturing, Diskusi, Roleplay

Etika Akademik dalam Interaksi Pembelajaran

6%

6

CPMK 3: Mengaplikasikan prinsip etika akademik dalam pembelajaran & penelitian

Menyebutkan isi kode etik dosen & mahasiswa

Kriteria: quiz & resume

Lecturing, Quiz, Diskusi

Kode Etik Dosen dan Mahasiswa

5%

7

CPMK 3

Menjelaskan etika penelitian, publikasi, sitasi, software akademik

Kriteria: makalah kelompok

Lecturing, Diskusi, Praktik

Etika penelitian & publikasi; Reference Manager, Similarity Checker

6%

8

UTS (CPMK 1–3)

Mengintegrasikan pemahaman dari materi minggu 1–7

Tes tertulis

Tes Tertulis

Materi 1–7

15%

9

CPMK 3

Menjelaskan etika terhadap fasilitas belajar

Kriteria: laporan reflektif

Lecturing, Diskusi

Etika terhadap alat & fasilitas pendidikan

5%

10

CPMK 3

Menjelaskan HaKI, paten, merek dagang

Kriteria: makalah kelompok

Lecturing, Diskusi, Presentasi

Etika Akademik & Realitas Kontemporer

6%

11

CPMK 4: Mengidentifikasi dan mengkritisi pelanggaran etika akademik

Menguraikan faktor, bentuk, dan dampak pelanggaran moral

Kriteria: studi kasus & presentasi

Case Study, Diskusi

Pelanggaran Etika Akademik: Moralitas

6%

12

CPMK 4

Menjelaskan kasus plagiasi dan implikasinya

Kriteria: makalah singkat

Case Study, Diskusi

Pelanggaran Etika Akademik: Plagiasi

6%

13

CPMK 4

Menjelaskan komersialisasi & perjokian

Kriteria: studi kasus

Case Study, Diskusi

Pelanggaran Etika Akademik: Komersialisasi & Perjokian

6%

14

CPMK 4

Menjelaskan bentuk kekerasan akademik (verbal, fisik, seksual)

Kriteria: studi kasus & diskusi

Case Study, Diskusi

Pelanggaran Etika Akademik: Kekerasan

6%

15

CPMK 5: Mengembangkan sikap akademik berintegritas, bertanggung jawab, profesional

Menyusun proyek etika akademik & mempresentasikannya

Kriteria: laporan proyek & presentasi

Project-based Learning, Presentasi

Proyek Pengembangan Etika Akademik

10%

16

UAS (CPMK 4–5)

Mengintegrasikan pemahaman dan analisis dari minggu 9–15

Tes tertulis / take home

Tes Tertulis

Materi 9–15

15%

 

 

 

 

 

 

 

 

A.    Tugas Rutin (Mingguan / Tengah Semester)

1)    Resume Bacaan

o    Mahasiswa membuat ringkasan bacaan dari literatur utama (misalnya Asari, Hasan. Etika Akademis dalam Islam atau Tarigan, Azhari Akmal. Etika Akademik).

o    Tujuan: melatih pemahaman awal konsep etika akademik.

o    Bobot: 5–10%.

2)    Diskusi / Studi Kasus

o    Setiap kelompok diberikan kasus nyata terkait pelanggaran etika (plagiarisme, perjokian, kekerasan akademik, dll.) untuk dianalisis.

o    Hasilnya dipresentasikan di kelas.

o    Bobot: 10%.

3)    Simulasi Etika dalam Interaksi

o    Roleplay singkat: bagaimana bersikap sopan saat berdiskusi, menghormati dosen, menggunakan fasilitas kampus, dll.

o    Bentuk non-tes.

4)    Bobot: 10%.

 

B.    Tugas UTS

Format: Tes tertulis + Analisis Kasus

  • Bentuk soal esai terbuka, berbasis studi kasus.
  • Contoh soal:
    1. Jelaskan urgensi etika akademik dalam menjaga budaya ilmiah di perguruan tinggi!
    2. Seorang mahasiswa ketahuan melakukan plagiasi. Analisis faktor penyebab, bentuk pelanggaran, dan langkah pencegahannya!
  • Bobot: 25%.

 

C.    Tugas Makalah (Individu / Kelompok)

Makalah Analisis Etika Akademik

  • Tema dapat dipilih mahasiswa dengan arahan dosen, misalnya:
    • “Etika Akademik dalam Perspektif Islam”
    • “Plagiarisme di Era Digital: Tantangan dan Solusi”
    • “Kode Etik Mahasiswa UINSU: Implementasi dan Hambatan”
  • Struktur makalah: pendahuluan – kajian pustaka – pembahasan – kesimpulan.
  • Dikumpulkan + dipresentasikan.
  • Bobot: 25%.

 

D.    Tugas UAS

Proyek Akhir: Rencana Pengembangan Budaya Akademik Beretika

  • Mahasiswa (kelompok) merancang sebuah proposal/proyek untuk meningkatkan budaya etika akademik di kampus, misalnya:
    • Kampanye anti-plagiasi.
    • Program “Etika Diskusi Akademik Sehat”.
    • Modul “Panduan Sitasi & Referensi untuk Mahasiswa Baru”.
  • Bentuk laporan + presentasi (bisa juga dalam bentuk poster atau video pendek).
  • Bobot: 40%.

 

Komponen Penilaian

Aspek

Persentase

Ujian CPMK 1

25%

Ujian CPMK 2

20%

Ujian CPMK 3

25%

Ujian CPMK 4

30%

Total

100%

Ketentuan lain: Kehadiran mahasiswa minimal 75% dan seluruh tugas dikumpulkan.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter
.comment-content a {display: none;}