|
UIN SUMATERA UTARA
MEDAN |
||||
PROGRAM STUDI TADRIS
BAHASA INGGRIS FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN
KEGURUAN UIN SUMATERA UTARA M E D A N |
|||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
|||||
MATA KULIAH: Etika Akademik |
KODE MATA KULIAH: 25010000003 |
RUMPUN MATA KULIAH: Universitas |
BOBOT (SKS): 2 SKS |
SEMESTER: I |
TANGGAL PENYUSUNAN: … |
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG
RPS: Awal Kurnia Putra
Nasution, M.TPd |
KOORDINATOR RMK: Awal Kurnia Putra
Nasution, M.TPd |
Kaprodi Maryati Salmiah,
M.Hum |
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN
PRODI |
1.
Menguasai
konsep-konsep dasar keilmuan dalam bidang Tadris Bahasa Inggris. 2.
Menunjukkan
sikap religius, etis, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia dalam aktivitas
akademik. 3. Mampu mengaplikasikan prinsip etika akademik
dalam pembelajaran, penelitian, dan interaksi sosial di kampus. |
|||
CAPAIAN PEMBELAJARAN
MATA KULIAH |
CPMK1. Menjelaskan konsep dasar, ruang lingkup, dan urgensi etika akademik. CPMK 2. Menganalisis nilai-nilai akhlaq dan adab Islam dalam etika akademik. CPMK 3. Mengaplikasikan prinsip-prinsip etika akademik dalam pembelajaran,
penelitian, dan publikasi ilmiah. CPMK 4. Mengidentifikasi dan
mengkritisi bentuk pelanggaran etika akademik beserta implikasinya. CPMK 5. Mengembangkan sikap akademik yang
berintegritas, bertanggung jawab, dan profesional. |
DESKRIPSI SINGKAT
MATA KULIAH: |
Mata kuliah Etika Akademik membekali
mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar, prinsip, dan
praktik etika dalam dunia akademik. Mahasiswa diajak untuk mengenal
nilai-nilai akhlak, adab, dan kode etik sivitas akademika, baik sebagai dosen
maupun mahasiswa, serta menginternalisasikan sikap religius, jujur, tangguh,
dan bertanggung jawab dalam setiap aktivitas akademik. Selain aspek teoritis, mata kuliah ini juga
menekankan pada penerapan etika dalam interaksi pembelajaran, penelitian,
publikasi ilmiah, penggunaan sumber daya pendidikan, hingga tantangan etika
akademik kontemporer seperti plagiarisme, perjokian, dan pelanggaran
integritas. Melalui pendekatan diskusi, studi kasus, dan proyek kelompok,
mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan sikap ilmiah, menjunjung tinggi
integritas, serta berkontribusi dalam membangun budaya akademik yang
bermartabat dan beradab. |
|
MATERI PEMBELAJARAN/ |
Materi Pokok / Pokok Bahasan
|
|
PUSTAKA |
UTAMA |
|
1. Asari, Hasan.
Etika Akademis dalam Islam. (Jakarta: PrenadaMedia, 2020) 2. Tarigan, Azhari
Akmal. Etika Akademik: Ikhtiar Mewujudkan Insan Ululalbab. Medan: FEBI UIN SU
Press, 2022 3. Al-Nawawy, Imam.
Etika Interaksi Dosen dan Mahasiswa.Terjemahan Ahmad Zuhri & Husnel Anwar
Matondang. Medan: IAIN Press, 2011. 4. Shils, Edward.
Etika Akademis. Terj. A. Agus Nugroho. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1993. 5. Rosenthal, Franz.
Etika Kesarjanaan Muslim: Dari Al-Farabi Hingga Ibn Khaldun. Terjemahan Ahsin
Mohamad.Bandung: Mizan, 1996. 6. Harahap, Syahrin.
Penegakan Moral Akademik di Dalam dan di Luar Kampus. Jakarta: RajaGrapindo
Persada, 2005. 7. Elias, Stephen
and Richard Stim. Patent, Copyright and Trademark. Berkeley: Nolo, 2004. 8.
Nawawi, Imam, Adab Al-alim wa al-Muta’lim wa Adab, Maktabah ash-Shahabah,
Thantha, 1987. |
||
PENDUKUNG |
|
|
1.
Bretag, T. (Ed.). (2016). Handbook
of Academic Integrity. Singapore: Springer. 2.
Macfarlane, B., Zhang, J.,
& Pun, A. (2014). Academic integrity: A review of the literature. Studies
in Higher Education, 39(2), 339–358. 3.
Eaton, S. E. (2021).
Academic Integrity in Canada: An Enduring and Essential Challenge. Springer. 4.
Sutherland-Smith, W. (2008).
Plagiarism, the Internet, and Student Learning: Improving Academic Integrity.
New York: Routledge. 5.
Pecorari, D. (2013).
Teaching to Avoid Plagiarism: How to Promote Good Source Use. New York:
McGraw-Hill. 6.
Carroll, J. (2007). A
Handbook for Deterring Plagiarism in Higher Education. Oxford: Oxford
Centre for Staff and Learning Development. |
||
MEDIA PEMBELAJARAN |
Powerpoint, Worksheet
Kearsipan, Artikel Jurnal Ilmiah, Buku |
|
TEAM TEACHING |
- |
|
MATA KULIAH SYARAT |
- |
|
|
Minggu ke |
Sub CPMK (Kemampuan Akhir) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran |
Bobot |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
1 |
CPMK 1: Menjelaskan konsep dasar, ruang lingkup,
dan urgensi etika akademik |
Mampu menjelaskan isi RPS, kontrak kuliah, serta pengertian awal etika
akademik |
Kriteria: keaktifan diskusi; Bentuk: non-tes (partisipasi) |
Lecturing, Brainstorming, Diskusi |
Pengantar: RPS, Orientasi, Kontrak Kuliah |
2% |
2 |
CPMK 1 |
Menjelaskan definisi, ruang lingkup, urgensi etika akademik |
Kriteria: resume & jawaban lisan |
Lecturing, Diskusi, Presentasi |
Etika Akademik: definisi, ruang lingkup, urgensi |
5% |
3 |
CPMK 2: Menganalisis nilai-nilai akhlaq dan adab
Islam dalam etika akademik |
Menjelaskan konsep al-adab fawq al-‘ilm, niat, ulul albab |
Kriteria: makalah singkat |
Lecturing, Diskusi, Presentasi |
Al-Adab Fawq al-`Ilm; Nilai ilmu; Ulul Albab |
5% |
4 |
CPMK 2 |
Menguraikan nilai ikhlas, jujur, tangguh, curiosity |
Kriteria: makalah kelompok |
Lecturing, Diskusi, Presentasi |
Dimensi Internal Etika Akademik (Adab al-Nafs) |
6% |
5 |
CPMK 2 & 3 |
Memberi contoh etika dalam interaksi pembelajaran |
Kriteria: simulasi & diskusi |
Lecturing, Diskusi, Roleplay |
Etika Akademik dalam Interaksi Pembelajaran |
6% |
6 |
CPMK 3: Mengaplikasikan prinsip etika akademik
dalam pembelajaran & penelitian |
Menyebutkan isi kode etik dosen & mahasiswa |
Kriteria: quiz & resume |
Lecturing, Quiz, Diskusi |
Kode Etik Dosen dan Mahasiswa |
5% |
7 |
CPMK 3 |
Menjelaskan etika penelitian, publikasi, sitasi, software akademik |
Kriteria: makalah kelompok |
Lecturing, Diskusi, Praktik |
Etika penelitian & publikasi; Reference Manager, Similarity
Checker |
6% |
8 |
UTS (CPMK 1–3) |
Mengintegrasikan pemahaman dari materi minggu 1–7 |
Tes tertulis |
Tes Tertulis |
Materi 1–7 |
15% |
9 |
CPMK 3 |
Menjelaskan etika terhadap fasilitas belajar |
Kriteria: laporan reflektif |
Lecturing, Diskusi |
Etika terhadap alat & fasilitas pendidikan |
5% |
10 |
CPMK 3 |
Menjelaskan HaKI, paten, merek dagang |
Kriteria: makalah kelompok |
Lecturing, Diskusi, Presentasi |
Etika Akademik & Realitas Kontemporer |
6% |
11 |
CPMK 4: Mengidentifikasi dan mengkritisi
pelanggaran etika akademik |
Menguraikan faktor, bentuk, dan dampak pelanggaran moral |
Kriteria: studi kasus & presentasi |
Case Study, Diskusi |
Pelanggaran Etika Akademik: Moralitas |
6% |
12 |
CPMK 4 |
Menjelaskan kasus plagiasi dan implikasinya |
Kriteria: makalah singkat |
Case Study, Diskusi |
Pelanggaran Etika Akademik: Plagiasi |
6% |
13 |
CPMK 4 |
Menjelaskan komersialisasi & perjokian |
Kriteria: studi kasus |
Case Study, Diskusi |
Pelanggaran Etika Akademik: Komersialisasi & Perjokian |
6% |
14 |
CPMK 4 |
Menjelaskan bentuk kekerasan akademik (verbal, fisik, seksual) |
Kriteria: studi kasus & diskusi |
Case Study, Diskusi |
Pelanggaran Etika Akademik: Kekerasan |
6% |
15 |
CPMK 5: Mengembangkan sikap akademik
berintegritas, bertanggung jawab, profesional |
Menyusun proyek etika akademik & mempresentasikannya |
Kriteria: laporan proyek & presentasi |
Project-based Learning, Presentasi |
Proyek Pengembangan Etika Akademik |
10% |
16 |
UAS (CPMK 4–5) |
Mengintegrasikan pemahaman dan analisis dari minggu 9–15 |
Tes tertulis / take home |
Tes Tertulis |
Materi 9–15 |
15% |
|
|
|
|
|
|
|
A. Tugas Rutin (Mingguan / Tengah Semester)
1)
Resume
Bacaan
o
Mahasiswa membuat
ringkasan bacaan dari literatur utama (misalnya Asari, Hasan. Etika Akademis
dalam Islam atau Tarigan, Azhari Akmal. Etika Akademik).
o
Tujuan: melatih
pemahaman awal konsep etika akademik.
o
Bobot: 5–10%.
2)
Diskusi
/ Studi Kasus
o
Setiap kelompok
diberikan kasus nyata terkait pelanggaran etika (plagiarisme, perjokian,
kekerasan akademik, dll.) untuk dianalisis.
o
Hasilnya
dipresentasikan di kelas.
o
Bobot: 10%.
3)
Simulasi
Etika dalam Interaksi
o
Roleplay singkat:
bagaimana bersikap sopan saat berdiskusi, menghormati dosen, menggunakan
fasilitas kampus, dll.
o
Bentuk non-tes.
4)
Bobot: 10%.
B. Tugas UTS
Format: Tes tertulis +
Analisis Kasus
- Bentuk soal esai
terbuka, berbasis studi kasus.
- Contoh soal:
- Jelaskan urgensi etika akademik dalam menjaga
budaya ilmiah di perguruan tinggi!
- Seorang mahasiswa ketahuan melakukan plagiasi.
Analisis faktor penyebab, bentuk pelanggaran, dan langkah pencegahannya!
- Bobot: 25%.
C. Tugas Makalah (Individu / Kelompok)
Makalah Analisis Etika
Akademik
- Tema dapat
dipilih mahasiswa dengan arahan dosen, misalnya:
- “Etika Akademik dalam Perspektif Islam”
- “Plagiarisme di Era Digital: Tantangan dan
Solusi”
- “Kode Etik Mahasiswa UINSU: Implementasi dan
Hambatan”
- Struktur makalah:
pendahuluan – kajian pustaka – pembahasan – kesimpulan.
- Dikumpulkan +
dipresentasikan.
- Bobot: 25%.
D. Tugas UAS
Proyek Akhir: Rencana
Pengembangan Budaya Akademik Beretika
- Mahasiswa
(kelompok) merancang sebuah proposal/proyek untuk meningkatkan
budaya etika akademik di kampus, misalnya:
- Kampanye anti-plagiasi.
- Program “Etika Diskusi Akademik Sehat”.
- Modul “Panduan Sitasi & Referensi untuk
Mahasiswa Baru”.
- Bentuk laporan +
presentasi (bisa juga dalam bentuk poster atau video pendek).
- Bobot: 40%.
Komponen Penilaian
Aspek |
Persentase |
Ujian CPMK
1 |
25% |
Ujian CPMK
2 |
20% |
Ujian CPMK
3 |
25% |
Ujian CPMK
4 |
30% |
Total |
100% |
Ketentuan lain: Kehadiran mahasiswa minimal 75% dan seluruh tugas dikumpulkan.
0 comments:
Post a Comment