Home » , » Inovasi Bisnis Pendidikan

Inovasi Bisnis Pendidikan

Posted by Awal KPN on Saturday, 6 September 2025

Silabus Mata Kuliah Inovasi Bisnis Pendidikan

  • Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

  • Fakultas: Tarbiyah

  • Mata Kuliah: Inovasi Bisnis Pendidikan

  • Kode Mata Kuliah: 

  • Bobot SKS: 2 SKS

  • Semester: V

  • Dosen Pengampu: Awal Kurnia Putra Nasution, M.TPd



Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali calon guru PGMI dengan pola pikir inovatif dan kewirausahaan. Mahasiswa akan belajar mengidentifikasi tantangan di dunia pendidikan, khususnya di jenjang madrasah ibtidaiyah, dan merancang solusi kreatif yang berdampak sosial dan memiliki keberlanjutan. Materi akan mencakup konsep Design Thinking, Model Bisnis Pendidikan, dan strategi pengembangan serta pemasaran produk atau layanan pendidikan. Mata kuliah ini berorientasi pada proyek, di mana mahasiswa akan bekerja dalam kelompok untuk menghasilkan proposal inovasi bisnis pendidikan.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep dasar inovasi, kewirausahaan sosial, dan model bisnis di sektor pendidikan.

  2. Menganalisis masalah dan peluang yang ada di lingkungan pendidikan madrasah ibtidaiyah.

  3. Merancang solusi inovatif menggunakan kerangka kerja Design Thinking.

  4. Menyusun draf Business Model Canvas (BMC) untuk inovasi pendidikan.

  5. Mempresentasikan proposal inovasi bisnis pendidikan secara efektif dan meyakinkan.


Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Pertemuan 1:

  • Topik: Orientasi dan Kontrak Perkuliahan

  • Kegiatan: Pengenalan dosen dan mahasiswa, pemaparan visi-misi mata kuliah, penjelasan sistem penilaian dan proyek akhir, serta kontrak belajar. Diskusi ringan untuk menggali motivasi mahasiswa.

Pertemuan 2:

  • Topik: Pondasi Inovasi dan Kewirausahaan Pendidikan

  • Kegiatan: Membahas pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan, perbedaan antara inovasi dan penemuan, serta peran guru sebagai agen perubahan. Analisis studi kasus wirausaha sosial di bidang pendidikan.

Pertemuan 3:

  • Topik: Design Thinking Tahap 1 & 2: Empati dan Mendefinisikan Masalah

  • Kegiatan: Pengenalan Design Thinking. Mahasiswa belajar teknik wawancara dan observasi untuk memahami kebutuhan guru, siswa, dan orang tua. Mereka akan merumuskan masalah (problem statement) yang spesifik.

Pertemuan 4:

  • Topik: Design Thinking Tahap 3: Mengembangkan Ide (Ideation)

  • Kegiatan: Lokakarya brainstorming. Mahasiswa diajak menggunakan teknik kreatif seperti mind mapping dan SCAMPER untuk menghasilkan berbagai ide solusi dari masalah yang telah dirumuskan.

Pertemuan 5:

  • Topik: Design Thinking Tahap 4 & 5: Membuat Prototipe dan Pengujian

  • Kegiatan: Mahasiswa belajar mengubah ide menjadi bentuk nyata (prototipe), bisa berupa sketsa, storyboard, atau maket sederhana. Sesi ini juga mencakup praktik uji coba prototipe dan mengumpulkan umpan balik.

Pertemuan 6:

  • Topik: Memahami Model Bisnis Pendidikan

  • Kegiatan: Pengenalan alat bantu Business Model Canvas (BMC). Mahasiswa akan mempelajari sembilan elemen kunci dalam BMC dan kaitannya dengan inovasi di sektor pendidikan.

Pertemuan 7:

  • Topik: Penyusunan Model Bisnis Sederhana

  • Kegiatan: Praktik kelompok mengisi BMC untuk ide inovasi mereka. Fokus pada elemen Proposisi Nilai, Segmen Pelanggan, dan Saluran.

Pertemuan 8:

  • Ujian Tengah Semester (UTS) - Presentasi Proyek Awal

  • Kegiatan: Setiap kelompok mempresentasikan ide inovasi mereka, termasuk hasil observasi masalah dan draf awal BMC. Dosen dan kelompok lain memberikan masukan.

Pertemuan 9:

  • Topik: Pemasaran dan Branding untuk Inovasi Pendidikan

  • Kegiatan: Diskusi tentang strategi pemasaran yang efektif, baik secara digital maupun konvensional, untuk menjangkau target pengguna di dunia pendidikan. Membangun citra merek yang kuat.

Pertemuan 10:

  • Topik: Aspek Keuangan Dasar untuk Keberlanjutan

  • Kegiatan: Mempelajari cara menghitung estimasi biaya dan pendapatan sederhana. Diskusi tentang berbagai sumber pendanaan seperti dana hibah, kompetisi, atau kerja sama dengan lembaga lain.

Pertemuan 11:

  • Topik: Manajemen Tim dan Etika Berinovasi

  • Kegiatan: Diskusi tentang pentingnya kolaborasi, pembagian tugas, dan resolusi konflik dalam tim. Membahas etika dalam inovasi, seperti isu privasi data dan aksesibilitas.

Pertemuan 12:

  • Topik: Penyusunan Proposal Bisnis Pendidikan

  • Kegiatan: Panduan praktis tentang struktur dan isi proposal bisnis yang lengkap, termasuk ringkasan eksekutif, analisis pasar, dan rencana implementasi.

Pertemuan 13 & 14:

  • Topik: Finalisasi Proyek Kelompok dan Sesi Konsultasi

  • Kegiatan: Sesi khusus bagi setiap kelompok untuk berkonsultasi dengan dosen mengenai proposal dan prototipe mereka sebelum presentasi akhir.

Pertemuan 15:

  • Topik: Presentasi Akhir Proyek Inovasi Bisnis Pendidikan

  • Kegiatan: Setiap kelompok mempresentasikan proposal inovasi mereka secara lengkap.

Pertemuan 16:

  • Ujian Akhir Semester (UAS)

  • Kegiatan: Penilaian akhir terhadap laporan proyek dan presentasi yang telah diberikan.


Penilaian

  • Partisipasi dan Keaktifan: 10%

  • Tugas Individu & Kelompok: 30%

  • Proyek UTS: 30% (Presentasi Ide dan BMC Awal)

  • Proyek UAS: 30% (Laporan dan Presentasi Proyek Akhir)

Referensi

  1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers.

  2. Brown, Tim. Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation.

  3. Ries, Eric. The Lean Startup: How Today's Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter
.comment-content a {display: none;}