Home » » Pertemuan 3 – Perkembangan dan Klasifikasi Media Pembelajaran

Pertemuan 3 – Perkembangan dan Klasifikasi Media Pembelajaran

Posted by Awal KPN on Friday, 19 September 2025

📚 Pertemuan 3 – Perkembangan dan Klasifikasi Media Pembelajaran

1. Perkembangan Media Pembelajaran

Perkembangan media pembelajaran sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan kebutuhan pendidikan. Secara garis besar:

a. Era Tradisional (Pra-Teknologi Digital)

  • Media sederhana: papan tulis, kapur, gambar, peta, globe, dan realia.

  • Fungsi utama: visualisasi sederhana.

  • Karakter: masih bersifat teacher-centered.

b. Era Audio-Visual (1950–1980-an)

  • Muncul proyektor, slide, OHP, kaset audio, film edukasi.

  • Media mulai melibatkan indera pendengaran & penglihatan.

  • Pembelajaran lebih menarik, tetapi masih satu arah.

c. Era Komputer & Multimedia (1980–2000-an)

  • Komputer masuk kelas → CD interaktif, animasi, software edukasi.

  • Media lebih interaktif, siswa mulai aktif menggunakan teknologi.

  • Pendekatan mulai bergeser ke student-centered learning.

d. Era Internet & E-Learning (2000–2010-an)

  • Website edukasi, e-learning (Moodle, Edmodo, Google Classroom).

  • Media berbasis jaringan, memungkinkan pembelajaran jarak jauh.

  • Muncul istilah blended learning.

e. Era Digital & Mobile Learning (2010–sekarang)

  • Media digital berbasis smartphone → aplikasi (Quizizz, Kahoot, Wordwall).

  • Video pembelajaran via YouTube, TikTok Edu.

  • E-book interaktif & Flipbook digital.

  • Kolaborasi global → Zoom, Google Meet, MS Teams.

👉 Arah perkembangan: dari media sederhana → audiovisual → komputer & multimedia → internet → digital & mobile learning → kini menuju AI-based learning media.


2. Klasifikasi Media Pembelajaran

Media dapat diklasifikasikan dari berbagai sudut pandang.

a. Berdasarkan Indera yang Terlibat

  1. Visual: hanya melibatkan indera penglihatan (gambar, peta, grafik, poster).

  2. Audio: hanya melibatkan indera pendengaran (radio, podcast, rekaman suara).

  3. Audio-Visual: melibatkan penglihatan & pendengaran (film, video, YouTube, TikTok).


b. Berdasarkan Teknologi

  1. Media Tradisional/konvensional → papan tulis, kartu kata, poster.

  2. Media Cetak → buku, modul, majalah, worksheet.

  3. Media Proyeksi Sederhana → OHP, slide.

  4. Media Audio → kaset, CD, podcast.

  5. Media Audiovisual → video pembelajaran, TV edukasi, YouTube.

  6. Media Digital/Multimedia → e-learning, Flipbook, aplikasi pembelajaran.

  7. Media Interaktif → Quizizz, Kahoot, Wordwall, Google Form.

  8. Media Virtual/AI (perkembangan terbaru) → ChatGPT, VR, AR dalam pembelajaran.


c. Berdasarkan Jenis & Sumber

  1. Media Visual (gambar, grafik, diagram, komik)
    → Cocok untuk menjelaskan konsep abstrak.

  2. Media Audio (rekaman cerita, musik, podcast)
    → Cocok untuk keterampilan menyimak.

  3. Media Audiovisual (film, video, drama, YouTube)
    → Cocok untuk apresiasi sastra & keterampilan berbahasa.

  4. Media Digital (Flipbook, e-modul, blog, Wattpad)
    → Cocok untuk keterampilan membaca & menulis kreatif.

  5. Media Gamifikasi (Quizizz, Wordwall, Kahoot)
    → Cocok untuk kosa kata, grammar, dan evaluasi interaktif.

  6. Media Lingkungan (wawancara, observasi, karya lapangan)
    → Cocok untuk pembelajaran kontekstual (misalnya apresiasi sastra rakyat).


3. Contoh Implementasi pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Visual → Poster tentang alur cerita novel.

  • Audio → Rekaman pembacaan puisi.

  • Audiovisual → Film adaptasi novel, video pembelajaran di YouTube.

  • Digital → Flipbook kumpulan cerpen, blog kelas sastra.

  • Gamifikasi → Quizizz tentang tokoh & alur novel.

  • Lingkungan → Observasi karya sastra lokal (pantun Gayo, hikayat).


4. Aktivitas Kelas

  • Diskusi kelompok:
    Setiap kelompok memilih 1 kategori media (visual, audio, audiovisual, digital, gamifikasi, lingkungan) lalu memberikan contoh penggunaannya untuk pembelajaran bahasa/sastra.

  • Tugas individu:
    Buat esai singkat (2 halaman) mengenai perkembangan media pembelajaran dari era tradisional sampai era digital. Sertakan analisis: “media apa yang paling cocok untuk generasi Z?”


5. Referensi Utama

  1. Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

  2. Sadiman, Arief S. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

  3. Smaldino, Sharon E., et al. (2015). Instructional Technology and Media for Learning. Pearson.


0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!!!
Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter
.comment-content a {display: none;}